[SOLVED] Domain Expired 1 Hari, Harus Restore Status Pending Delete Benarkah?


Status
Not open for further replies.
pak @whspeeds sewaktu membeli layanan dari NH:
1. sudah membaca/mengetahui (screenshot lebih baik) TOS & AUP-nya? terutama mengenai kebijakan domain .website? ini bisa dijadikan dasar untuk mengajukan gugatan perdata.
2. apakah sudah ditanyakan langsung ke registry (CentralNIC/Radix), jika ada reseller yang mengubah kebijakan dasar domain life cycle, apakah diperbolehkan? dan dapat dikenai sanksi?

saya pribadi melihat adanya itikad tidak baik, mungkin ada alasan tertentu (komersil?) terkait domain yg bapak miliki.

untuk NH, sebaiknya segera memberikan penjelasan yang baik dan masuk akal, karena semakin banyak mention di thread ini, nanti di mesin pencarian hasil search yang keluar bukan "jualannya" tapi "kasusnya" tentunya akan merugikan diri sendiri, mengingat tingginya rating DWH di mata search engine.
 
read.jpg
 
Terimakasih teman-teman atas attensinya terhadap case yang dialami oleh mas @whspeeds sebelumnya.
Mohon maaf jika jawaban mimin sebelumnya belum menjawab secara detail, kali ini mimin coba jelaskan lebih detail lagi ya.

Jadi khusus domain Radix & Centralnic seperti yang mimin jelaskan sebelumnya bahwa kami sebagai registrar mempunyai deal khusus dengan pihak registry yang menimbulkan masalah ini terjadi (domain tidak memiliki masa grace period) sehingga ketika melewati masa expired domain dan ingin perpanjang domain itu akan ada biaya restore domain yang harus kami (registrar) bayarkan ke pihak registry

Nah untuk antisipasi klien terkena biaya restore domain, kami membuat rule notifikasi email reminder perpanjangan yang berbeda dengan ekstensi domain yang lain, flow email remindernya seperti ini:

Invoice renewal normalnya akan di kirimkan H-45 sebelum domain expired.
  1. Reminder perpanjangan pertama akan kita kirimkan H-28 sebelum expired.
  2. Reminder perpanjangan kedua akan kita kirim H-14 bahwa domain expired dan akan dihapus pada H-0.
  3. Reminder ketiga kita kirim H-7 sebelum expired dan penekanan domain akan dihapus H-0.
  4. Informasi domain telah dihapus pada hari H dan untuk perpanjangan akan dikenakan harga atau biaya restore.
Mimin lampirkan salah satu contoh email reminder tagihan dengan informasi biaya restore domain

Namun somehow setelah mimin investigasi di case reminder domain milik mas @whspeeds, flow reminder tersebut tidak jalan padahal email notifikasi tersebut sudah kami tes dan dicek oleh tim QA bisa berjalan dengan baik. Terkait hal ini mimin sudah meneruskan ke tim terkait untuk di track kenapa email reminder tidak berjalan untuk domain milik mas @whspeeds

Karena mimin lihat dari sistem notifikasi kami yang tidak berjalan semestinya, kami menyadari ada kesalahan dari sistem kami khusus case domain milik mas @whspeeds, oleh karena itu akan ada kompensasi yang kami berikan. Nantinya mas @whspeeds akan dihubungi oleh tim terkait kami untuk membicarakan hal ini, mohon ditunggu ya.

Semoga jawaban mimin kali ini bisa mencerahkan ya
 

Attachments

  • email reminder.png
    email reminder.png
    201 KB · Views: 24
Terimakasih teman-teman atas attensinya terhadap case yang dialami oleh mas @whspeeds sebelumnya.
Mohon maaf jika jawaban mimin sebelumnya belum menjawab secara detail, kali ini mimin coba jelaskan lebih detail lagi ya.

Jadi khusus domain Radix & Centralnic seperti yang mimin jelaskan sebelumnya bahwa kami sebagai registrar mempunyai deal khusus dengan pihak registry yang menimbulkan masalah ini terjadi (domain tidak memiliki masa grace period) sehingga ketika melewati masa expired domain dan ingin perpanjang domain itu akan ada biaya restore domain yang harus kami (registrar) bayarkan ke pihak registry

Nah untuk antisipasi klien terkena biaya restore domain, kami membuat rule notifikasi email reminder perpanjangan yang berbeda dengan ekstensi domain yang lain, flow email remindernya seperti ini:

Invoice renewal normalnya akan di kirimkan H-45 sebelum domain expired.
  1. Reminder perpanjangan pertama akan kita kirimkan H-28 sebelum expired.
  2. Reminder perpanjangan kedua akan kita kirim H-14 bahwa domain expired dan akan dihapus pada H-0.
  3. Reminder ketiga kita kirim H-7 sebelum expired dan penekanan domain akan dihapus H-0.
  4. Informasi domain telah dihapus pada hari H dan untuk perpanjangan akan dikenakan harga atau biaya restore.
Mimin lampirkan salah satu contoh email reminder tagihan dengan informasi biaya restore domain

Namun somehow setelah mimin investigasi di case reminder domain milik mas @whspeeds, flow reminder tersebut tidak jalan padahal email notifikasi tersebut sudah kami tes dan dicek oleh tim QA bisa berjalan dengan baik. Terkait hal ini mimin sudah meneruskan ke tim terkait untuk di track kenapa email reminder tidak berjalan untuk domain milik mas @whspeeds

Karena mimin lihat dari sistem notifikasi kami yang tidak berjalan semestinya, kami menyadari ada kesalahan dari sistem kami khusus case domain milik mas @whspeeds, oleh karena itu akan ada kompensasi yang kami berikan. Nantinya mas @whspeeds akan dihubungi oleh tim terkait kami untuk membicarakan hal ini, mohon ditunggu ya.

Semoga jawaban mimin kali ini bisa mencerahkan ya
nah kalau begini berarti 2x biaya restore di kembalikan atau seperti apa ? karena TS menyebutkan masalah ini sudah 2 tahun berturut2 masa tim QA gak bisa cek selama 2 tahun ? Terimakasih min :D
 
Selamat malam
salah sejahtera selalu.

Terima kasih atas respon @Niagahoster.id . Alhamdulillah, Pihak niaga juga sudah menghubungi saya untuk penyelesaian masalah ini secara damai dan tentram.
Pihak niaga sudah melakukan Refund terkait biaya restore domain https://garuda.website tahun 2020 dan 2021.

Semoga kasus saya menjadi pelajaran buat kita semua, buat Niaga, rekan hoster dan pengguna domain apapun extensinya untuk amankan aset domain yang telah dibangun dengan branding dll,, periksa syarat dan ketentuan layanan penyedia, email system reminder tagihan dll.

Perihal kebijakan @Niagahoster.id menjadi hak penuh mereka, namun tentunya tetap harus banyak mempertimbangkan berbagai aspek untung rugi, resiko dll terhadap kebijakan yang diambil terutama dampak terhadap klien.

Terima kasih rekan-rekan DWH atas semua supportnya..
Thanks @trias dan @JagoMovie.NET yg sudah report kontak Niaga
Rekan-rekan @Minimal @pluto01 @kuninganhosting @Bestariweb Hosting @SulisSoft @paijondablexs @mlutfiup @jaapns @paijrut @n3wbi3s @ziuma @iBox sudah memberi saran terhadap kasus ini serta nama2 yang ada dan tiada.

Terima kasih untuk semuanya.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top