Michael Nicky
Hosting Guru
Kalo saya boleh share, seandainya kasus seperti tsb di atas ada maka yang harus kita lakukan antara lain :mau buka bahasan sedikit, saya baru2 ini memantau pricing dari *** (sengaja disamarkan) yang merupakan pemimpin dalam industri webhosting di indo, ternyata pricingnya sudah "dibanting" sangat jauh dibandingkan beberapa bulan yang lalu saya cek.
..........................
......................................
saya pikir seharusnya dari *** juga mengikuti etika bisnis ini, bukannya menjatuhkan persaingan dengan webhoster yang masih kecil2 lainnya.
monggo opini / komentarnya
- Jangan bingung/ jengkel/ sakit hati/ atau justeru marah (jangan lakukan itu semua). Hindari ini !!! Jangan terpancing. Karena yang namanya usaha/ bisnis, tentu ada trik/tip marketing dan ini banyak sekali.
- Segera 'evaluasi' usaha/ bisnis yang ente lakukan, apakah focusnya sama dengan mereka itu atau tidak.
- Jika usaha/ bisnis kita adalah sama focusnya dengan mereka, segera re-build perencanaan usaha/bisnis
- Ketika kita memang yakin untuk lakukan 're-build perencanaan' , ada hal prioritas pembahasan dalam hal itu yang harus ente perhatikan. Yakni analisa kemampuan keuangan, analisa skill/ kemampuan SDM/ Technical Support, analisa dan pilih target pasar yang baru.
- Setelah itu, tentukan lebih focus 'product baru' ente yang justeru lebih spesial dimana ditempat lain tidak ada.
- Ente harus yakin dengan usaha/ bisnis yang dijalankan, karena rejeki itu ada. Jaga kepercayaan Client ente, berikan kemudahan mereka, tingkatkan fleksibilitas/ atau lebih familier.
- Jangan lupa TOS/ Aturan harus ada untuk disepakati dan dilaksanakan bersama sebagai ikatan tanggung jawab kedua belah pihak.