Setelah saya menyimak dari beberapa thread sebelumnya, akar masalah ini ada 2:
- Uang (pembayaran server).
- Komunikasi (antara Gatotkacahost dan klien).
Pilihan untuk pihak Gatotkacahost (
@gatotkacahost.com):
- Menutup perusahaan, diakuisisi, dan meninggalkan nama buruk di kemudian harinya.
- Memperbaiki komunikasi dan bekerja sama dengan klien secara baik-baik untuk menyelesaikan masalah yang sudah berlarut-larut ini.
Jika memang masalah ini ingin segera diselesaikan, maka
harus kembali ke akar masalah.
Kenapa?
Karena dari situ awal mulanya.
Saya ingin memberikan saran untuk solusi masalah ini:
- Perbaiki komunikasi terlebih dahulu antara pihak Gatotkacahost dengan klien, masing-masing pihak harus bisa menjaga diri dan meredam emosi.
- Adakan pertemuan, langsung atau secara online (chat, video call, dll.) antara pihak Gatotkacahost dan klien, untuk bagaimana caranya mencari solusi agar pihak server (IX atau IIX) bisa melanjutkan layanan Gatotkacahost.
Dari pihak Gatotkacahost pun juga sudah menyatakan mau membayar atas keterlambatan pembayarannya ke pihak server.
Nantinya pertemuan tersebut harus ditengahi oleh moderator yang wajib bersifat netral terhadap kedua belah pihak dan mencegah permasalahan semakin melebar.
Tidak akan ada habisnya jika terus dibahas di forum, karena saya pikir kapasitasnya terbatas.
- Jangan langsung mengarahkan masalah ke jalur hukum. Ingat, saling terus-terusan berdebat tidak akan ada habisnya, hanya membuang-buang waktu, tenaga, pulsa internet, dll.
Yang dicari adalah
win-win solution, bukan perusahaan hosting yang berakhir dengan tragis, dan banyaknya reseller hosting maupun klien yang kecewa.
Kerjasama yang dimulai dengan baik-baik, jika pun akhirnya ingin diakhiri, harus dengan cara yang baik pula.
Maka saya mengajak pihak Gatotkacahost dan semua klien lainnya untuk saling berkomunikasi dengan baik, adakan pertemuan dan selesaikan masalah ini secara bersama-sama. Come on!