Ada kok pak, 2 provider Indonesia yang besar trus tingkat pemahaman produk+teknis CS live chat+tiket mereka berbeda-beda.
Biasanya CS provider besar lokal lebih suka ngejawab pakai template tanpa melihat kasus per kasus.
Nah, masalah komunikasi seperti ini yang akan memicu masalah serius sehingga perlu dipikirkan baik-baik oleh provider tersebut.
Saya pun menemukan artikel "Etika dalam berkomunikasi melalui ticket dan live chat" dalam KB Dewaweb sendiri:
Hi Our Valued Customer ! Kami para Dewaweb’s Ninja Support selalu berusaha untuk melayani Customer kami dengan sebaik mungkin. Untuk memenuhi kebutuhan Customer tersebut melalui media teks seperti chat dan...
www.dewaweb.com
---
Hi Our Valued Customer !
Kami para Dewaweb’s Ninja Support selalu berusaha untuk melayani Customer kami dengan sebaik mungkin.
Untuk memenuhi kebutuhan Customer tersebut melalui media teks seperti chat dan tiket, maka komunikasi yang baik perlu dijaga.
Dengan demikian ada beberapa harapan dari kami para Ninja kepada Customer dewaweb.com sehubungan dengan komunikasi melalui teks, yaitu :
1 Manfaatkan tombol Caps Lock pada tempatnya.
Bagi yang belum tahu bahwa penggunaan CAPS LOCK YANG BERLEBIHAN MENGGANGGU PENGLIHATAN.
2 Hindari penggunaan sebutan jenis satwa jika tidak terpaksa
Namun tentu saja dipersilahkan untuk menanyakan ketersedian domain KadalKadalan.com dalam chatting jika Anda terpaksa menanyakannya sebelum diambil orang lain.
3 Mempertimbangkan bahwa kami para Ninja sebenarnya adalah jembatan Customer untuk keperluan layanan Anda di dewaweb.com yang juga adalah manusia biasa dan bukan dewa / setengah dewa.
Silahkan komplen, menggerutu, bahkan memarahi (menegur) jika kami tidak sopan/ kasar untuk mengingatkan kami untuk lebih mengerti keinginan/ perasaan Customer.
Jika Bpk./Ibu yang kami hormati mendapati link ini diberikan oleh salah satu Ninja mohon untuk disisakan sedikit ruang maaf baginya.
Terima kasih banyak untuk Customer
https://www.dewaweb.com yang telah mengajari kami para Ninja untuk selalu belajar, bersabar dan berempati.
---
Jika ada keluhan klien yang krusial tapi dijawab oleh CS yang kurang kompeten dan jawaban yang diterima tidak memuaskan dan malah memancing emosi,
bukan menjadi salah klien jika akan menggunakan CAPS LOCK, kata-kata kasar dan akan meninggalkan provider tersebut dengan feedback negatif, karena nyatanya hal tersebut dipicu oleh pelayanan provider tersebut sendiri yang tidak sesuai ekspektasi.
Silahkan komplen, menggerutu, bahkan memarahi (menegur) jika kami tidak sopan/ kasar untuk mengingatkan kami untuk lebih mengerti keinginan/ perasaan Customer.
Bukankah hal ini bisa dihindari dengan melakukan training CS dengan knowledge yang sama luasnya sehingga tidak ada kesempatan bagi konsumen menerima jawaban yang tidak memuaskan dalam memenuhi kebutuhan konsumen?
Konsumen bukan membutuhkan untuk "dimengerti perasaannya", tapi konsumen jauh lebih membutuhkan jawaban yang jelas, solutif dan memuaskan sesuai hak saat konsumen memilih menggunakan provider tersebut.
Mempertimbangkan bahwa kami para Ninja sebenarnya adalah jembatan Customer untuk keperluan layanan Anda di dewaweb.com yang juga adalah manusia biasa dan bukan dewa / setengah dewa.
Ya, memang itulah yang seharusnya
membedakan antara support agent manusia dengan chat bot.
Chat bot memberikan jawaban hanya
sebatas template yang diinput, sedangkan manusia dapat ditraining dengan knowledge yang cukup dan
malah bisa berkembang dengan mencari tahu sendiri lebih dalam soal masalah yang dialami klien, sehingga dapat memberikan jawaban yang jelas, benar dan memuaskan,
bukannya berbelit dan malah kalah dengan chat bot yang jauh lebih to the point.
Jika memang belum siap menyeragamkan knowledge masing-masing CS,
bukankah lebih bijak jika provider berani menurunkan ego dan mematikan fitur live chat, sehingga support ticket akan dijawab oleh CS yang jelas kompetensinya. Daripada malah mengiklankan embel2 "Ninja Support 24/7, We are here to help and solve your problems, anytime." tapi kualitas seperti "chat bot" dan malah bukannya menyelesaikan masalah tetapi malah memberikan jawaban yang berbelit yang membingungkan dan memancing emosi seperti yang saya jelaskan dalam postingan saya sebelumnya.
Mohon dipahami kembali setiap kata yang saya tulis: saya bukan mendiskreditkan fitur live chat yang disediakan Dewaweb, tetapi saya
mempertanyakan tentang kualitas jawaban yang diberikan melalui live chat tidak memuaskan, mengecewakan klien dan malah membuat klien berpikir apa bedanya dengan chat bot?