stefanushosea
Beginner 2.0
Halo web developer/hosting owner/user di DWH, sudah cukup lama saya menjadi silent reader di forum ini tetapi baru kali ini saya posting tentang keluhan yang saya alami dengan salah satu provider hosting dengan ISO 27001 certified dan terkenal dengan "ninja support 24/7"nya.
13 Mei 2022 lalu saya mengalami masalah ketika menambahkan add-on domain yang NSnya menggunakan Cloudflare. cPanel selalu menolak dengan pesan error: "This domain points to an IP address that does not use the DNS servers associated with this server". Padahal A record yang saya atur di DNS management sudah sesuai, propagasi DNS sudah complete dan ketika diakses/kirim ping melalui terminal ke domain tersebut merespon dengan IP yang benar sama dengan hosting cPanel yang diberikan.
Kemudian saya membuat support ticket di dewaweb untuk meminta tanggapan untuk masalah ini
Respon pertama yang saya terima adalah permintaan untuk mengganti NS menggunakan NS dari Dewaweb:
---
Heriyanto 13-05-2022 (16:37)
---
Dear our valued customer,
Mohon untuk coba mengarah nameservernya ke dewaweb.
ns1.dewaweb.com
ns2.dewaweb.com
ns3.dewaweb.com
Thanks,
Heriyanto
---
Saya pun mengajukan protes karena status domain berada di account yang dimanage pihak klien dengan kondisi kliennya cukup lama merespon ditambah cukup gaptek sehingga harus diguide step by step via remote desktop hanya untuk mengganti NS pada account GoDaddynya, selain itu sangat merepotkan jika saya harus meminta kliennya 2x ganti nameserver dan terkesan tidak profesional bagi saya sendiri (mengapa tidak dari awal minta digantinya memakai NS Dewaweb? padahal dimana kondisinya 2 hari yang lalu saya sama sekali tidak mengetahui masalah kebijakan prematur ini karena sama sekali tidak ada komunikasi/sosialisasi apapun dari Dewaweb).
Kemudian respon yang saya terima cukup singkat:
---
Heriyanto 13-05-2022 (16:43)
---
Dear our valued customer,
Hal ini merupakan kebijakan baru dari kami untuk menghindari abuse addon domain.
Thanks,
Heriyanto
---
Menerima respon tersebut saya pun mempertanyakan kebijakan apa itu dan abuse seperti apa yang dimaksud? karena saya belum pernah menemukan masalah ini di provider hosting lainnya, saya pun mempertanyakan bagaimana jika ada kebutuhan untuk menggunakan WAF dari Cloudflare?
Pertanyaan saya malah direspon dengan jawaban template yang sangat tidak menjawab
---
Heriyanto 13-05-2022 (17:02)
---
Dear Our Valued Customer,
Tiket sudah kami terima.
Mohon menunggu info selanjutnya dari kami.
Thanks,
Heriyanto
---
Menerima respon template seperti itu saya langsung mengajukan protes keras karena kebijakan ini tidak disosialisasikan sama sekali, tidak ada pada TOS dan kalaupun bermasalah dengan abuse, saya masih menggunakan hosting dalam kapasitas rendah dibandingkan paket yang saya beli cukup tinggi: Palladin dengan storage 40 GB, 6 cores, 6 GB RAM.
Balasan ini tidak kunjung dibalas sampai hari ini, 15 Mei 2022 dan saya kembali mengajukan protes keras karena tiket dianggurkan selama 2 hari tanpa penjelasan konkret
Saya pun menghubungi live chat yang memfollow up tiket saya, agent yang menjawab saya pun tidak bisa menjawab secara gamblang yang mengesankan tidak ada komunikasi yang jelas di internal dewaweb soal kebijakan baru ini
Setelah saya cecar, agent malah menjawab tidak ada abuse dari sisi server dan malah menjawab jawaban template: "Saat ini sedang saya bantu koordinasikan dengan departemen kami untuk request kakak", "Saat ini sedang kami bantu eskalasikan ke tim terkait kami", pertanyaan soal bagaimana jika ada kebutuhan pemakaian fitur Cloudflare malah diberikan jawaban menggantung:
Live chat pun kemudian diisi dengan permintaan maaf macam lebaran tetapi masih tidak memberikan jawaban konkret yang memuaskan konsumen.
Tiket pun dibalas oleh agent lain dengan penjelasan yang ala kadarnya dan kembali meminta saya mengganti NS:
---
Bayu J. 15-05-2022 (21:40)
---
Dear Our Valued Customer,
Terimakasih atas kesabarannya menunggu,
Mohon maaf atas ketidaknyamanan sebelumnya Pak.
Untuk meningkatkan keamana pada sisi server Dewaweb, Konfigurasi addon domain sudah di adjustment pada semua server Hosting Dewaweb.
Addon domain harus diarahkan ke Nameserver Dewaweb dahulu, dan domain harus dalam keadaan active .
Hal ini dilakukan untuk verifikasi kepemilikan domain, karena ditemukan beberapa kali abuse dengan addon domain yang tidak dimiliki ke hosting.
Regards,
Bayu J.
---
Saya pun mengirim balasan dengan kembali mempertanyakan bagaimana jika domainnya dimanage klien yang kondisinya susah diganti, dan respon terakhir saat saya menulis thread ini adalah "masalah ini masih digantung lebih lama lagi" dengan jawaban:
---
Alex L. 15-05-2022 (22:07)
---
Dear Our Valued Customer,
Mohon maaf atas ketidaknyamannya. Kami mengerti keresahannya terkait kebijakan yang kami terapkan dengan tujuan keamanan seluruh pengguna layanan hosting kami.
Saat ini sedang kami bantu eskalasikan kepada tim terkait. Mohon ketersediannya menunggu kembali.
Kami akan upayakan solusi terbaik atas kendala yang dialami.
Terima kasih atas pengertiannya dan ketersediannya untuk menunggu.
Regards,
Alex
---
Saya akan mengirim update terbaru soal tiket masalah saya disini sambil teman-teman DWH bisa berdiskusi apakah kebijakan mewajibkan NS dari provider rasional sedangkan biasanya dan sudah seharusnya menjadi hak konsumen untuk memakai NS apapun yang ia inginkan (tidak terlepas dari Cloudflare, bisa saja DNS dari tempat membeli domain macam Google Domains atau yang lain).
13 Mei 2022 lalu saya mengalami masalah ketika menambahkan add-on domain yang NSnya menggunakan Cloudflare. cPanel selalu menolak dengan pesan error: "This domain points to an IP address that does not use the DNS servers associated with this server". Padahal A record yang saya atur di DNS management sudah sesuai, propagasi DNS sudah complete dan ketika diakses/kirim ping melalui terminal ke domain tersebut merespon dengan IP yang benar sama dengan hosting cPanel yang diberikan.
Kemudian saya membuat support ticket di dewaweb untuk meminta tanggapan untuk masalah ini
Respon pertama yang saya terima adalah permintaan untuk mengganti NS menggunakan NS dari Dewaweb:
---
Heriyanto 13-05-2022 (16:37)
---
Dear our valued customer,
Mohon untuk coba mengarah nameservernya ke dewaweb.
ns1.dewaweb.com
ns2.dewaweb.com
ns3.dewaweb.com
Thanks,
Heriyanto
---
Saya pun mengajukan protes karena status domain berada di account yang dimanage pihak klien dengan kondisi kliennya cukup lama merespon ditambah cukup gaptek sehingga harus diguide step by step via remote desktop hanya untuk mengganti NS pada account GoDaddynya, selain itu sangat merepotkan jika saya harus meminta kliennya 2x ganti nameserver dan terkesan tidak profesional bagi saya sendiri (mengapa tidak dari awal minta digantinya memakai NS Dewaweb? padahal dimana kondisinya 2 hari yang lalu saya sama sekali tidak mengetahui masalah kebijakan prematur ini karena sama sekali tidak ada komunikasi/sosialisasi apapun dari Dewaweb).
Kemudian respon yang saya terima cukup singkat:
---
Heriyanto 13-05-2022 (16:43)
---
Dear our valued customer,
Hal ini merupakan kebijakan baru dari kami untuk menghindari abuse addon domain.
Thanks,
Heriyanto
---
Menerima respon tersebut saya pun mempertanyakan kebijakan apa itu dan abuse seperti apa yang dimaksud? karena saya belum pernah menemukan masalah ini di provider hosting lainnya, saya pun mempertanyakan bagaimana jika ada kebutuhan untuk menggunakan WAF dari Cloudflare?
Pertanyaan saya malah direspon dengan jawaban template yang sangat tidak menjawab
---
Heriyanto 13-05-2022 (17:02)
---
Dear Our Valued Customer,
Tiket sudah kami terima.
Mohon menunggu info selanjutnya dari kami.
Thanks,
Heriyanto
---
Menerima respon template seperti itu saya langsung mengajukan protes keras karena kebijakan ini tidak disosialisasikan sama sekali, tidak ada pada TOS dan kalaupun bermasalah dengan abuse, saya masih menggunakan hosting dalam kapasitas rendah dibandingkan paket yang saya beli cukup tinggi: Palladin dengan storage 40 GB, 6 cores, 6 GB RAM.
Balasan ini tidak kunjung dibalas sampai hari ini, 15 Mei 2022 dan saya kembali mengajukan protes keras karena tiket dianggurkan selama 2 hari tanpa penjelasan konkret
Saya pun menghubungi live chat yang memfollow up tiket saya, agent yang menjawab saya pun tidak bisa menjawab secara gamblang yang mengesankan tidak ada komunikasi yang jelas di internal dewaweb soal kebijakan baru ini
Setelah saya cecar, agent malah menjawab tidak ada abuse dari sisi server dan malah menjawab jawaban template: "Saat ini sedang saya bantu koordinasikan dengan departemen kami untuk request kakak", "Saat ini sedang kami bantu eskalasikan ke tim terkait kami", pertanyaan soal bagaimana jika ada kebutuhan pemakaian fitur Cloudflare malah diberikan jawaban menggantung:
Live chat pun kemudian diisi dengan permintaan maaf macam lebaran tetapi masih tidak memberikan jawaban konkret yang memuaskan konsumen.
Tiket pun dibalas oleh agent lain dengan penjelasan yang ala kadarnya dan kembali meminta saya mengganti NS:
---
Bayu J. 15-05-2022 (21:40)
---
Dear Our Valued Customer,
Terimakasih atas kesabarannya menunggu,
Mohon maaf atas ketidaknyamanan sebelumnya Pak.
Untuk meningkatkan keamana pada sisi server Dewaweb, Konfigurasi addon domain sudah di adjustment pada semua server Hosting Dewaweb.
Addon domain harus diarahkan ke Nameserver Dewaweb dahulu, dan domain harus dalam keadaan active .
Hal ini dilakukan untuk verifikasi kepemilikan domain, karena ditemukan beberapa kali abuse dengan addon domain yang tidak dimiliki ke hosting.
Regards,
Bayu J.
---
Saya pun mengirim balasan dengan kembali mempertanyakan bagaimana jika domainnya dimanage klien yang kondisinya susah diganti, dan respon terakhir saat saya menulis thread ini adalah "masalah ini masih digantung lebih lama lagi" dengan jawaban:
---
Alex L. 15-05-2022 (22:07)
---
Dear Our Valued Customer,
Mohon maaf atas ketidaknyamannya. Kami mengerti keresahannya terkait kebijakan yang kami terapkan dengan tujuan keamanan seluruh pengguna layanan hosting kami.
Saat ini sedang kami bantu eskalasikan kepada tim terkait. Mohon ketersediannya menunggu kembali.
Kami akan upayakan solusi terbaik atas kendala yang dialami.
Terima kasih atas pengertiannya dan ketersediannya untuk menunggu.
Regards,
Alex
---
Saya akan mengirim update terbaru soal tiket masalah saya disini sambil teman-teman DWH bisa berdiskusi apakah kebijakan mewajibkan NS dari provider rasional sedangkan biasanya dan sudah seharusnya menjadi hak konsumen untuk memakai NS apapun yang ia inginkan (tidak terlepas dari Cloudflare, bisa saja DNS dari tempat membeli domain macam Google Domains atau yang lain).