Hosting Management System Update
Satu hal yang sangat diharapkan menurut saya adalah "tidak menunda-nunda" untuk melakukan update informasi pada informasi client pada hosting management system masing2 ( WHMCS, ClientExec, dll ) . Hal ini penting karena merupakan :
- kontrol bagi si client.
- kontrol bagi si webhoster.
Terkadang karena banyaknya kegiatan si webhoster menyempatkan waktu "beberapa menit" untuk melakukan update tidak dilakukan. Hal ini bisa menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Dan bagi saya hal ini bisa dikategorikan sebagai webhoster "ceroboh". Karena saya yakin sumber pencatatan client hanya ada satu yaitu pada hosting management system saja.
Kegiatan yang perlu segera dilakukan update misalnya :
- perubahan periode pembayaran,
- perubahan jenis service,
- penambahan / addon service,
- cancellation request,
- status pembayaran,
- permintaan khusus client ... dll.
Normal saja kan pencatatan dilakukan seketika itu agar tidak lupa. Toh hal tsb tidak sampai membutuhkan waktu berjam-jam.