Apa yang Anda lakukan {khusus Para Hoster}


Status
Not open for further replies.
kalo suspend atau pemberitahuan mah saya lihat case nya pak @SulisSoft

Spam / Abuse CPU , sampai membuat server down , ya suspend dulu baru info ke client.
Kalo hanya masalah space saja , saya kalo sebagai hoster nggak bakal suspend, tetap di peringatkan dulu .

ya betul Gus, kalau ini case nya agak beda.
- hoster mengetahui client sewa hosting untuk apa, dan telah ada persetujuan.
- layanan telah digunakan 1th 4bln hingga space mencapai 100GB

tentunya hoster telah mengetahui perjalanan ini sejak awal.. dan itu akan membengkak terus-kan pastinya.
dari umur 1 hari hingga 1th 4bln tidak ada peringatan. pagi tadi tau2 suspend :D
 
mungkin awal dari hosting itu mereka tiadk memikirkan jangka panjang apakah dengan kata unlimited berakibatnya seperti apa.
kalo masalah suspend, saya terbiasa mengsuspend dahulu. karena meski sudah di peringati di tiket ga di gubris, pas di suspend baru membalas :D
 
sebagai provider, seharusnya jika belum mampu menyediakan layanan UNLIMITED ya sebaiknya tidak jualan paket unlimited itu dong. Kalau kejadian kayak gini kan bingung sendiri jadinya. Suspend menurut saya bukan langkah yang tepat karena pelanggan berlangganan paket unlimited. Untungnya si pelanggan mau upgrade ke dedicated server. Kalau tidak, dan dia ngeyel, bisa panjang urusannya lho
 
Kalau pemakaian normal dan bukan aktifitas spamming

1. Peringatkan
2. Berikan solusi.

Unlimited kan ada batasannya di inode tapi pada jarang kasus inode masih banyak sedangkan space sudah menggunakan puluhan mungkin ratusan Giga dan jika seperti ini kembali lagi ke provider bagaimana memberikan solusi ke pelanggan.
 
Kalau pemakaian normal dan bukan aktifitas spamming

1. Peringatkan
2. Berikan solusi.

Unlimited kan ada batasannya di inode tapi pada jarang kasus inode masih banyak sedangkan space sudah menggunakan puluhan mungkin ratusan Giga dan jika seperti ini kembali lagi ke provider bagaimana memberikan solusi ke pelanggan.

nah ini mantep Bapak :113: :113: :113:

enak didengar ini jawaban :D
adem rasannya di hati........
 
menurut saya, suspend tanpa notifikasi tergantung casenya dan ini kita nggak tau alasan provider ybs, logikanya kalau mereka mengacu ke ToS mereka itu bisa saja dipahami.

tapi akan lebih fair, meski harus suspend tanpa notifikasi ada pemberitahuan setelahnya beserta alasan ke customernya dan tentunya disertai solusi.
 
Maaf izin nimbrung dikit
Jika saya dalam kasus seperti ini :
1. Saya akan memberikan pemberitahuan :
----->>Pemberitahuan-1 by email :
Pak penggunaan space untuk akun bapak kami pantau sudah besar (saat ini sudah 65GB) sehingga berefek terhadap perfoma disk yg kami gunakan jadi ada beberapa solusi yg bs kami sarankan terkait ini :
A. Mohon menggunakan mail client seperti thunderbird/outlook sehingga inboxnya ditarik semua ke PC/laptop pengguna (palingan dibuat leave on server sekian hari saja untuk kebutuhan mobile) tujuannya agar penggunaan diskspace tdk cepat full,
B. Dan atau mungkin bisa upgrade ke VPS/DS yang mana space penyimpanan lebih besar untuk memenuhi kebutuhan bapak,
----->>Pemberitahuan-1 by email/SMS/Phone jika not respon dan action dari #1:
----->>Pemberitahuan-1 by email/SMS/Phone jika not respon dan action diikuti dengan suspen
Tujuan suspen agar terjadi komunikasi dan dicari solusi
2. Menjelaskan/edukasi terkait paket unlimite yg telah disepakati pada awal sebelumnya

Namun semua itu kembali lagi kekebijakan hoster/provider terkait, jika kebijkan mereka seperti itu yach kita harus hormati, jika menurut kita itu bagus bisa kita pelajari namun jika menurut kita itu tindakan kurang tepat yach kita berusaha agar kita tdk melakukan hal tersebut

Yang saya sedikit bingung di sini kenapa sampai ada alasan "IP akan diblack list"
Sehingga pertanyaannya jadi muncul : ini disuspen karena penggunaan space disk besar atau karena ada aktifitas spam/pengiriman email masal/atau sejenisnya atau ?
Karena menurut hemat saya jika hanya penggunaan disk besar saya rasa spamhaus/dkk tdk akan pantau sampai ke sana dan memblacklist IP kita karena disk space itu urusan kita pemilik server tdk ada pengaruh/merugikan org lain (selain pelanggan kita tentunya)

Sepertinya ngobrol2 gini sambil kopdar enak juga dgn dibumbui canda tawa terbahak2 + kopi dan kacang :D

Maaf hanya pendapat pribadi,
 
Apa mungkin sebab aktivitas email relay dan spam ?
Saya juga pernah alami pada VPS saya di suspend oleh QUADRANET, saya dikirimi pemberitahuan via email tentang ada salah satu website saya melakukan SPAM / Email Relay sehingga IP Address di blokir di spamhaus.org. Pihak quadranet meminta saya jika ingin VPS saya diaktfikan maka saya harus menyelesaikan hal ini ke pihak spamhaus.org dulu perihal IP Address yang terblokir,
Alhamdulillah dalam 2 hari pihak spamhaus membebaskan IP Address saya yang telah di blokirnya, dengan syarat menghapus salah satu website saya yang melakukan aktivitas email relay dan SPAM.
Kemudian website saya tadi lalu saya pindahkan ke VPS saya yang lainnya..., mungkin kasusnya juga tak jauh beda dengan pengalamanku
 
Last edited:
Apa mungkin sebab aktivitas email relay dan spam ?
Saya juga pernah alami pada VPS saya di suspend oleh QUADRANET, saya dikirimi pemberitahuan via email tentang ada salah satu website saya melakukan SPAM / Email Relay sehingga IP Address di blokir di spamhaus.org. Pihak quadranet meminta saya jika ingin VPS saya diaktfikan maka saya harus menyelesaikan hal ini ke pihak spamhaus.org dulu perihal IP Address yang terblokir,
Alhamdulillah dalam 2 hari pihak spamhaus membebaskan IP Address saya yang telah di blokirnya, dengan syarat menghapus salah satu website saya yang melakukan aktivitas email relay dan SPAM.
Kemudian website saya tadi lalu saya pindahkan ke VPS saya yang lainnya..., mungkin kasusnya juga tak jauh beda dengan pengalamanku


diatas sudah dijelaskan bahwa IP mereka masih bersih,
dan masalahnya sudah selesai, mereka telah memindahkan layanannya ke DS. jadi Dah ReSolveD :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top