Om, dibundling itu artinya dihilangkan harganya (dianggap sebagai satu layanan terintegrasi). Jadi nanti kami kena tegur PANDI kalau si Om pasang harga 88rebu
Jargon marketingnya kan bakal lebih menarik tuh - "Domain .co.id di 1stserver gratis lho!"
Nah, rekan2 disini pernah mengamati soal churning rate nggak? Di Rumahweb kami melihat fenomena menarik, bahwa domain .co.id itu churning ratenya dibawah 5% pertahun. Domain lain? beuh ... .info dan .in itu pernah sampai di atas 50%.
Ini tentunya karena pengguna domain .ID bukanlah pengguna yang main - main saja dengan layanan kita. Mereka adalah pengguna yang memang butuh atau bahkan ada yang operasionalnya sangat bergantung pada performa kita (kalau email macet semenit aja ngamuknya sampai ke ubun2).
Sekedar berbagi pengalaman soal harga, di Rumahweb kami terus terang memilih segmen customer kami diantaranya dengan memasang harga yang
cenderung lebih tinggi daripada yang lain. Dengan begitu customer yang masuk adalah customer dari segmen corporate atau setidaknya UKM yang mana mereka benar - benar membutuhkan domain, hosting, dan email.
Nah tau sendirikan betapa segmen market ini lebih stabil (low churn) asal layanan dan performa teknis kita juga stabil.
Jadi mari kita mulai melihat harga sebagai sebuah potensi, bukan titik balik pertumbuhan
*Churn rate adalah rata - rata layanan yang nggak diterusin di tahun berikutnya
Business is about finding new customers and take good care of the old ones. Believe me.