Tips menjadi customer service yang baik


Bermanafaat nggak?


  • Total voters
    13
Status
Not open for further replies.
Saat pelanggan datang kenali dulu tipenya. Ada yang suka bercanda, ada yang kurang ramah, ada yang biasa-biasa dan berbagai sifat-sifat lainya. Kamu harus bisa mempridiksi dari cara pelanggan berbicara atau saat meminta bantuan. Setelah itu apdatasi.
Jika baru pertama kali bertatap muka dengan pelanggan biasnaya akan nerpes xixixixi

Ini yang paling saya suka. Bolehlah saya sebut dengan istilah sosial enginering. Hal ini memang sangat penting dilakukan, mengingat pentingnya strategi menghadapi costumer agar merasa dilayani dengan baik. Namun secara spontan, hal ini sering terlupakan. Nice brain storming Tuan. :113:
 
Saat pelanggan datang kenali dulu tipenya. Ada yang suka bercanda, ada yang kurang ramah, ada yang biasa-biasa dan berbagai sifat-sifat lainya. Kamu harus bisa mempridiksi dari cara pelanggan berbicara atau saat meminta bantuan. Setelah itu apdatasi.
Jika baru pertama kali bertatap muka dengan pelanggan biasnaya akan nerpes xixixixi

Ini yang paling saya suka. Bolehlah saya sebut dengan istilah sosial enginering. Hal ini memang sangat penting dilakukan, mengingat pentingnya strategi menghadapi costumer agar merasa dilayani dengan baik. Namun secara spontan, hal ini sering terlupakan. Nice brain storming Tuan. :113:
 
Untuk mengusahakan point 3 dan 4 itu lah yang rada gampang-gampang susah diterapkan, namanya juga manusia pasti ada masa-masa dimana mengalami "bad mood" sehingga "sempat" melupakan sikap profesionalitasnya.
Namun hal ini bisa kami minimalisir, contohnya dengan menaruh cermin besar di ruangan CS (ini semacam terapi psikis untuk mengajarkan karyawan CS untuk tetap tersenyum dalam menanggapi pelanggan via telepon atau chat), menyalakan musik yang enak namun tenang juga di ruangan tersebut (untuk membantu merelaksasi ketegangan dan kebosanan) dan masih ada beberapa hal lainnya. Intinya agar mereka tetap semangat dan tidak cepat bosan karena kemungkinan akan mempengaruhi cara mereka dalam menghadapi pelanggan atau calon pelanggan.

Untuk point-point yang lain bisa diatasi dengan memberikan SOP yang lengkap dan teratur (terutama SOP untuk hal-hal yang menyangkut tipe-tipe pelanggan seperti yang disebutkan pada point 7)
 
Oh ya tambahan lagi.
sebaiknya untuk departemen Customer Service tidak menerapkan sistem Shift apalagi kalau sistem shiftnya berantakan yang bisa mempengaruhi pola jam tidur mereka. Pola jam tidur yang berantakan nantinya dapat berimbas pada vitalitas dan mood mereka akan cenderung tidak bagus.
 
Bagus sekali Tuan, mantap terima kasih banyak Tuan menjadi salah satu masukan motivasi buat saya yang newbie :)
 
share yg bagus pak.. sangat bermanfaat & mengingatkan sya kalau CS itu sangat penting dlm bisnis.
 
ditunggu point selanjutnya Tuan, kita juga harus memiliki kesabaran dalam menghadapi pelanggan
 
masukkan yang baik.:113:.
intinya bahwa menjadi CS itu harus ramah dalam beretika dan bertutur kata.
agar pelanggan dapat service yang bagus dari kita, sehingga pelanggan akan loyal dgn perushaan kita.:)

Karena pelanggan adalah termasuk aset bagi prusahaan, pelayanan yg bagus juga memungkinkan membuat si pelanggan memberikan testimoni bahkan merekomendasikan prusahaan kita kepada orang lain :) itung2 marketing gratis lah hehe
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top