Tips dalam memilih webhosting


Status
Not open for further replies.
Menurut pandangan (atau masukan) saya sebagai pengguna jasa hosting, saya berlangganan hosting di Indonesia dan AS:

1. Penuhi apa yang dijanjikan, yang paling krusial adalah masalah support, jika media support yang dijanjikan telepon, sms, email, ym, forum, tiket support ataupun yang lainnya maka penuhi seperti yang dijanjikan. Harus ditegaskan media support mana yang online 24/7, media mana yang jam tertentu.
2. Kepastian waktu penyelesaian masalah. Kadang saya hanya butuh direspon apakah masalah saya ditangani atau tidak dan perkiraan waktu penyelesaian. Tentu setelah masalah selesai ditangani hoster juga perlu menyampaikan informasinya.
3. Usahakan istilah teknis nya disederhanakan mudah dipahami pengguna awam.
4. Pusat pengetahuan/Knowledge Base harus ada. Minimal dasar-dasar, cara-cara, langkah-langkah menggunakan layanan atau yang berhubungan dengan layanan yang disediakan. Adanya Knowledge Base ini penting dan memberanikan calon pengguna untuk menggunakan layanan.
5. Kalau menyasar pasar Indonesia, web nya juga harus berbahasa Indonesia atau minimal dwi bahasa (Indonesia - Inggris).

Salam,

Sependapat dgn Tuan yg di atas, yg paling Krusial yaitu support dan system komunikasinya harus berjalan dgn baik serta edukasi terhadap pelanggan mengenai layanannya.
Karena rata2 fitur layanan yg ditawarkan dan harga tdk begitu jauh berbeda antar satu penyedia layanan dgn yg lainnya.
 
Hm... sepertinya sidah agak bergeser dari topik ya... "memilih webhosting yang pas" jadi bergeser menjadi "cara menjadi webhoster yang baik".
Sekedar urun rembug om... :) Sejauh yang saya lakukan sebelum terjun di bisnis ini adalah bertanya dan mengamati. Lalu kepada siapa ?
  1. Googling (Web Review, User Review, Forum), walaupun ada juga yang membuka jasa review positive khusus (jadi kalo bayar.. ya dapet review positif).
  2. Kalau ada user forum dari webhoster yang dirasa potensial, saya amati beberapa hari terlebih dahulu... dengan tujuan melihat response rate (kecepatan respon) dari CS/TS mereka, dengan asumsi : apapun jawaban mereka, semakin cepat merespon adalah semakin baik mereka dalam berkomitmen untuk bisnis mereka.
  3. Bertanya langsung melalui livechat / YM / Email kepada CS/TS, dengan tujuan mengetahui lebih dalam layanan mereka dan sjauh mana mereka paham tentang konsep layanan mereka. Sekaligus bertanya hal-hal teknis. Selain itu saya juga tanyakan apakah dimungkinkan saya mendapatkan trial?, karena tidak semua webhoster mencantumkan free trial, asumsi saya... jika masa trial diberikan... minimal saya bisa "membaca" lebih dalam lagi tentang layanan mereka, dan menentukan cocok atau tidak dengan kebutuhan kita.
  4. Kalo sudah cocok... ya ambil paket ber periode terpendek... bertahap... berproses dulu... lalu upgrade hingga periode terpanjang.

Sekedar berbagi...
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top