Menurut pandangan (atau masukan) saya sebagai pengguna jasa hosting, saya berlangganan hosting di Indonesia dan AS:
1. Penuhi apa yang dijanjikan, yang paling krusial adalah masalah support, jika media support yang dijanjikan telepon, sms, email, ym, forum, tiket support ataupun yang lainnya maka penuhi seperti yang dijanjikan. Harus ditegaskan media support mana yang online 24/7, media mana yang jam tertentu.
2. Kepastian waktu penyelesaian masalah. Kadang saya hanya butuh direspon apakah masalah saya ditangani atau tidak dan perkiraan waktu penyelesaian. Tentu setelah masalah selesai ditangani hoster juga perlu menyampaikan informasinya.
3. Usahakan istilah teknis nya disederhanakan mudah dipahami pengguna awam.
4. Pusat pengetahuan/Knowledge Base harus ada. Minimal dasar-dasar, cara-cara, langkah-langkah menggunakan layanan atau yang berhubungan dengan layanan yang disediakan. Adanya Knowledge Base ini penting dan memberanikan calon pengguna untuk menggunakan layanan.
5. Kalau menyasar pasar Indonesia, web nya juga harus berbahasa Indonesia atau minimal dwi bahasa (Indonesia - Inggris).
Salam,
Sependapat dgn Tuan yg di atas, yg paling Krusial yaitu support dan system komunikasinya harus berjalan dgn baik serta edukasi terhadap pelanggan mengenai layanannya.
Karena rata2 fitur layanan yg ditawarkan dan harga tdk begitu jauh berbeda antar satu penyedia layanan dgn yg lainnya.