Tips dalam memilih webhosting


Status
Not open for further replies.
Apakah lokasi server tidak menjadi masalah?

lah, masalah kenapa? kalau lokasi server tergantung kebutuhan, ngga jadi masalah,
ngga semuanya klien menanyakan lokasi US dan IIX saja
 
check umur domain, cek history web lewat archive.org rasanya kok terlalu paranoid/lebay yah untuk memilih layanan webhosting :p
terlebih bagi kategori klien awam yg umumnya membeli hosting utk tujuan tdk neko-neko, yaitu hanya untuk membuat website :rolleyes:
imo, artikel semacam "Tips memilih webhosting, webhosting yang bagus dan tidak bagus" yg banyak beredar di internet terlalu menggeneralisasi dan kurang fair utk pemain baru.
Saat ini justru jasa webhosting byk yg menemukan fitur uniknya sendiri-sendiri;
webhosting A : kami webhosting profesional blablabla dengan online support 24/7
webhosting B : webhosting humanis, tdk menjanjikan online support 24/7. kami juga tidur seperti anda, online support jam kerja :D
 
check umur domain, cek history web lewat archive.org rasanya kok terlalu paranoid/lebay yah untuk memilih layanan webhosting :p
terlebih bagi kategori klien awam yg umumnya membeli hosting utk tujuan tdk neko-neko, yaitu hanya untuk membuat website :rolleyes:
imo, artikel semacam "Tips memilih webhosting, webhosting yang bagus dan tidak bagus" yg banyak beredar di internet terlalu menggeneralisasi dan kurang fair utk pemain baru.
Saat ini justru jasa webhosting byk yg menemukan fitur uniknya sendiri-sendiri;
webhosting A : kami webhosting profesional blablabla dengan online support 24/7
webhosting B : webhosting humanis, tdk menjanjikan online support 24/7. kami juga tidur seperti anda, online support jam kerja :D

Namanya pemain baru pak, sudah natural alamiah seperti itu termasuk kita dulu pun seperti itu.
Pelanggan datang ke rumah dan saya layani sendiri untungnya seingat saya hanya ada 1 pelanggan saja yang terkejut kondisi saat itu sedangkan untuk pelangan lain sudah saya jelaskan diawal jadi santai saja.

Pertanyaan seputar, "Kalau nanti mas tiba2 tutup bagaimana"? tidak satu dua kali tapi seringkali dan ya kita sampaikan sesuai komitment kita saja.

Jadi ini tentu saja Fair/Natural/Hukum alam.

Hosting support 24jam itu beneran lho, banyak tuh itu top provider hosting Indonesia yang layanan sudah 24 jam dan saya pun ingin spt itu tapi ya sabar perlahan tetap semangat.
 
...Hosting support 24jam itu beneran lho, banyak tuh itu top provider hosting Indonesia yang layanan sudah 24 jam dan saya pun ingin spt itu tapi ya sabar perlahan tetap semangat...

betul sebenarnya tipe perusahaan hosting ada bermacam-macam sih.
misalnya dalam hal layanan cs, ada yg menerapkan cs 24 jam, ada juga layanan support yang sesuai jam kerja, dll.
sayangnya jika membaca artikel2 di internet mengenai "tips memilih webhosting atau judul senada" mengesankan perusahaan webhosting dengan support 24/7jam adalah webhosting yang terbaik. padahal layanan webhosting yg "belum" support 24 jam bisa baik juga pelayanannya.
bisa jadi artikel2 yg merekomendasikan webhosting dgn support 24/7 itu upaya marketing juga sih :rolleyes:
 
betul sebenarnya tipe perusahaan hosting ada bermacam-macam sih.
misalnya dalam hal layanan cs, ada yg menerapkan cs 24 jam, ada juga layanan support yang sesuai jam kerja, dll.
sayangnya jika membaca artikel2 di internet mengenai "tips memilih webhosting atau judul senada" mengesankan perusahaan webhosting dengan support 24/7jam adalah webhosting yang terbaik. padahal layanan webhosting yg "belum" support 24 jam bisa baik juga pelayanannya.
bisa jadi artikel2 yg merekomendasikan webhosting dgn support 24/7 itu upaya marketing juga sih :rolleyes:

banyak juga hoster yang menuliskan 24/7 tetapi tengah malam staff offline, biasanya yang benar 24jam itu hoster toplevel indonesia yang sudah memiliki staff banyak, biasanya staff akan bergantian berjaga.
kalau mencari yang terbaik saya rasa tidak ada, dimana ada yg baik pasti ada yg lebih baik, (just my opinion)
 
banyak juga hoster yang menuliskan 24/7 tetapi tengah malam staff offline, biasanya yang benar 24jam itu hoster toplevel indonesia yang sudah memiliki staff banyak, biasanya staff akan bergantian berjaga.
kalau mencari yang terbaik saya rasa tidak ada, dimana ada yg baik pasti ada yg lebih baik, (just my opinion)

setuju sama opini Tuan dhyhost diatas, kalo ngomongin terbaik sh relatif, setiap orang punya opini masing-masing...

saya buat artikel diatas sekedar share aja mengenai hosting, selebihnya kalo ada yg punya opini lain ya monggo...
saya juga ga bermaksud untuk menyudutkan pihak tertentu Tuan
 
banyak yang tulis di hostingnya Online support 24/7 .. tapi kadang ngga aktif juga.. di tungguin sampe 2 jam ngga online online ...
 
Menurut pandangan (atau masukan) saya sebagai pengguna jasa hosting, saya berlangganan hosting di Indonesia dan AS:

1. Penuhi apa yang dijanjikan, yang paling krusial adalah masalah support, jika media support yang dijanjikan telepon, sms, email, ym, forum, tiket support ataupun yang lainnya maka penuhi seperti yang dijanjikan. Harus ditegaskan media support mana yang online 24/7, media mana yang jam tertentu.
2. Kepastian waktu penyelesaian masalah. Kadang saya hanya butuh direspon apakah masalah saya ditangani atau tidak dan perkiraan waktu penyelesaian. Tentu setelah masalah selesai ditangani hoster juga perlu menyampaikan informasinya.
3. Usahakan istilah teknis nya disederhanakan mudah dipahami pengguna awam.
4. Pusat pengetahuan/Knowledge Base harus ada. Minimal dasar-dasar, cara-cara, langkah-langkah menggunakan layanan atau yang berhubungan dengan layanan yang disediakan. Adanya Knowledge Base ini penting dan memberanikan calon pengguna untuk menggunakan layanan.
5. Kalau menyasar pasar Indonesia, web nya juga harus berbahasa Indonesia atau minimal dwi bahasa (Indonesia - Inggris).

Salam,
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top