digitalregistra
Poster 2.0
ya. serius, informasi yang agak "menyesakkan" adalah bahwa "registrar" tersebut hanya ber-orientasi (fokus) buat para reseller. lalu, bagaimana dengan para pengguna personal domain .ID? - CMIIW
saya (pengguna pribadi) hanya "dapat" dilayani oleh para "reseller" dari registrar?? 3rd party? gimme a break... is this some kind of "pyramid", "multi-level marketing" game? reseller dari reseller dari reseller? please, convince me, that these resellers are "sustainable"...
sekedar cerita pengalaman:
saya mempunyai domain yang telah saya urus sendiri sejak tahun 1999 - sejak dari jaman IDNIC (pak budi rahardjo) sampai PANDI - mungkin masih ada yang ingat: dari sistem pendaftaran, update melalui konfigurasi isian e-mail sampai dengan yang "mutakhir" webapps ala PANDI.
dari perjalanan mengelola domain ini, alhamduillah, saya belum pernah mengalami apa yang beberapa rekan saya waktu itu rasakan (dh. memanage domain) karena saya memiliki control domain sepenuhnya - bukan via hosting/reseller provider. masalah klasik yang sering saya temui adalah ketika rekan saya memerlukan update registry domain, teknikal kontak yang terdaftar pada domain tersebut sudah entah kemana (case - kalau melakukan registrasi domain via orang lain)... thus, butuh ekstra waktu lagi untuk penyelesaiannya
that's the main issue...
ada berapa kasus yang bisa dilihat di forum ini bahwa beberapa perusahaan/personal kebingungan akan nasib domainnya karena hosting provider ybs tutup? berapa prosedur harus dilalui agar bisa resolved (teknikal contact sudah entah kemana)?
sekali lagi, mohon maap kalau ada kata-kata yang agak "keras"... saya menuliskan ini hanya menyampaikan rasa "concern" akan nasib domain saya - as customer - informasi yang jelas dan detail sangat dibutuhkan dari para registrar-registrar yang ada dimari (seandainya berkenan - jangan hanya promo/marketing aja.. hehehe).
NB: luruskan bila ada yang salah dari tulisan saya
Pak Doel,
Semua yang dikhawatirkan oleh pak Doel sedari awal sudah kami sadari. Untuk itu kami menerapkan beberapa strategi untuk mencegah sistem penjualan ini justru menjadi penghambat bagi registrant :
1. Deposit
Deposit adalah manifestasi dari komitmen dan proyeksi bisnis. Keberanian reseller untuk mendepositkan dana sangat erat hubungannya dengan proyeksi bisnisnya. Bisnis apapun, tanpa proyeksi, tentu bukan bisnis yang baik
2. Kontrak Tertulis
Dalam kontrak antara kami dengan Reseller sangat jelas diatur term - term berikut:
- Hak dan Kewajiban Reseller
- Posisi Teknis dan Administratif Reseller (bahwa posisi reseller bukanlah pemilik domain)
- Pemutusan Kerjasama dan prosedur sesudahnya dengan orientasi sepenuhnya pada kepentingan registrant
- Prosedur dispute
Secara system juga di DR memungkinkan end-user untuk mendapatkan akses pengelolaan langsung domainnnya tanpa harus membuang waktu untuk request ke reseller.