di milis pandi lagi ramai ramainya... ^_^
ya. serius, informasi yang agak "
menyesakkan" adalah bahwa "registrar" tersebut
hanya ber-orientasi (fokus) buat para reseller. lalu, bagaimana dengan para
pengguna personal domain .ID? - CMIIW
saya (pengguna pribadi) hanya "dapat" dilayani oleh para "reseller" dari registrar?? 3rd party? gimme a break... is this some kind of "pyramid", "multi-level marketing" game? reseller dari reseller dari reseller?
please, convince me, that these resellers are "sustainable"...
sekedar cerita pengalaman:
saya mempunyai domain yang telah saya urus sendiri sejak tahun 1999 - sejak dari jaman IDNIC (pak budi rahardjo) sampai PANDI - mungkin masih ada yang ingat: dari sistem pendaftaran, update melalui konfigurasi isian e-mail sampai dengan yang "mutakhir" webapps ala PANDI.
dari perjalanan mengelola domain ini, alhamduillah, saya belum pernah mengalami apa yang beberapa rekan saya waktu itu rasakan (dh. memanage domain) karena saya memiliki control domain sepenuhnya - bukan via hosting/reseller provider. masalah klasik yang sering saya temui adalah ketika rekan saya memerlukan update registry domain, teknikal kontak yang terdaftar pada domain tersebut sudah entah kemana (case - kalau melakukan registrasi domain via orang lain)... thus, butuh ekstra waktu lagi untuk penyelesaiannya
tidak usah khawatir, kan ada registrar kalaupun registrar tutup masih ada pandi
jadi pastikan kita tahu juga registrar kita siapa karena akan jadi alternatif apabila reseller tidak bisa melayani lagi. CMIIW
that's the main issue...
ada berapa kasus yang bisa dilihat di forum ini bahwa beberapa perusahaan/personal kebingungan akan nasib domainnya karena hosting provider ybs tutup? berapa prosedur harus dilalui agar bisa resolved (teknikal contact sudah entah kemana)?
sekali lagi, mohon maap kalau ada kata-kata yang agak "keras"... saya menuliskan ini hanya menyampaikan rasa "concern" akan nasib domain saya -
as customer - informasi yang jelas dan detail sangat dibutuhkan dari para registrar-registrar yang ada dimari (seandainya berkenan - jangan hanya promo/marketing aja.. hehehe).
NB: luruskan bila ada yang salah dari tulisan saya