Semoga cepat selesai masalahnya Tuan, saya faham terkait apa yang menjadi kerugian dan kekhawatiran Tuan
@Tokowebpedia, krn saya jg berbisnis dibidang yang hampir serupa, memang data customer itu nomor satu, bukan masalah datanya tapi itu adalah trust yang akan menentukan bisnis kita kedepannya, terkait customer tersebut atau bahkan imbasnya terhadap customer lain dan calon customer yang bisa" melakukan blacklist sepihak krn satu insiden yg fatal seperti ini.
Saya juga pernah mengalami kehilangan data seperti ini, hanya saja biasanya sebelum migrasi saya akan backup data akun" customer, bs whole server atau akun perakun, kl akunnya g terlalu banyak bisa pake backup akun cpanel via ssh dan restorenya lagi via ssh untuk mengurangi waktu upload download nantinya untuk keperluan restore dan kalo bisa, backup datanya disimpan dilokasi yang berbeda (diserver lain atau local storage) untuk meminimalisir hal" yang diinginkan.
Saran saya sih lebih baik selalu membackup data akun customer untuk jaga", apalagi jika harus migrasi server, setelah selesai migrasi jangan langsung dihapus backup terakhirnya, y biarkan minimal H+7 atau H+30 untuk memastikan proses migrasi berjalan aman dan tidak ada kendala
Untuk Server sendiri, disini banyak rekan" penyedia jasa Server Hosting, jadi bisa bagi" rezeki jg ketemen" seperjuangan di DWH, misal order VPS di provider A, backupnya di provider B, siapa tau dapat diskon (harga temen)
Sukses selalu untuk rekan" semua, terutama yg sedang bersengketa semoga lekas resolve permasalahannya, masalah itu pasti slalu ada, yg penting kita jaga kerukunan dan kekompakan , semua member DWH ini adalah pejuang, yuk kita berjuang bersama dan jaga solidaritas kita untuk indonesia yang lebih baik...