[ASK] Tentang ketentuan layanan/ t.o.s buatan sendiri apakah kuat di mata hukum?


Status
Not open for further replies.
akhirnya ketemu mas @SufaNet disini
emang panel vps nya pake apa mas? biasanya kan ada log uptime disitu
 
Kalo di ToS sdh ditentukan No Refund. Harusnya pelanggan bisa mentaati itu. Sy prnah di komplain dgn case serupa cuma waktu itu bkn layanan VPS tp layanan ecommerce brlangganan. Prmasalahnnya hnya dikoneksi isp plnggan yg tdk open ke IP kita. Selama ada bukti yg kuat, mnurut sy msh aman sj. Lagipula jika memang ada ketentuan "yes refund", bkn berarti pelanggan minta refund seenaknya dgn cancelation spihak, arti refund disini adalah memang ada kesadaran di 2 blh pihak bhwa kontrak tdk bisa dilanjutkan krn alasan trtentu. CMIIW.
Maju terus pak @SufaNet
 
Langsung ke intinya saja, jadi begini, ada client saya yang order vps mau minta refund karena katanya sering down dan tidak bisa diakses, padahal saya cek sendiri masih hidup dan bisa diakses, diping aja reply, saya coba ping dari tool ping online dan memang reply, intinya semua tidak ada kendala.
itu mah kemungkinan emang clientnya yg gak paham
putty kalo lama gak dipake, kelamaan nganggur kan memang sering timeout, bukan karena vps-nya mati
tinggal di re-connect lagi atau pake screen juga kelar masalah

orangnya dimintai screenshot ping susah banget, alesannya macem2, ditanya permasalahannya gimana malah kadang gak jawab, sudah dikasih solusi utk cek ini itu ya tetep aja masih ngeyel, padahal sudah jelas terbukti diping lewat ping.eu bisa reply, lancar :21:

mungkin dia nyesel order setaun, butuh duitnya lagi buat keperluan lain
jadi ngarang2 masalah aja :21:


umumnya kalo bukan korporat, ancaman 'lapor' cuma jadi gertak sambal doang
dan kalo kejadian beneran lapor, asalkan bisa kasih bukti2 yg jelas, bisa menang juga kok
seandainya dilaporin, kemudian mas @SufaNet menang, tapi klien keburu ember, tinggal laporin balik dengan tuduhan 'Pencemaran nama baik'
nah, :19:
 
Sebenernya masalah "tidak bisa diakses" itu kan banyak faktor, dan cara mengatasinya ya konsultasi sama support di provider atau reseller itu, dan tujuannya agar masalah teratasi. Kecuali dari pihak provider/hoster tidak ada klarifikasi atau gak mengatasi masalahnya, klien berhak menuntut haknya yang merasa dirugikan. Tapi kalau jelas, dan dari awal sudah ingin membantu mengatasi masalahnya, tapi dari sisi klien ujung2nya minta refund ya meneurut saya gak bisa dong, kecuali kan dari kitanya gak berusaha ngatasin masalahnya.

Kalau TOS menurut saya harusnya klien sudah tahu itu, biasanya sepengalaman saya sih TOS ada di penawaran saat diberikan klien, jadi klien sudah tahu jelas ketentuannya seperti apa, asal emang bener ada ketentuan yang sudah tertulis dari awal, jangan takut tuan, dan dari pihak hoster sudah berusaha bantu klien kan? lagipula dia nuntut juga harus ada bukti kuat kok, yg jelas biaya :D
 
Menggugat atau melakukan somasi minimal biaya keluar 5jt paling murah jika advokatnya teman atau kenal, masuk laporan juga ada biaya lagi, memanggil sidang juga ada biaya lagi hehehe .. belum kalau ada gugatan balik, kalau urusan cmn 600rb itu paling hanya ide licik minta dananya refund tapi tidak terlalu fungsional vpsnya jadi pengen dijadiin uang lagi. itu hanya gertak sambal saja sih biasanya ... t.o.s yg dibuat ya sah, kan waktu order harus memahami dulu, namun SLA nya bagaimana ? akan lebih kuat kalau ketika order tanda tangan t.o.s dulu hehehe tapi pasti ribet.
 
Menggugat atau melakukan somasi minimal biaya keluar 5jt paling murah jika advokatnya teman atau kenal, masuk laporan juga ada biaya lagi, memanggil sidang juga ada biaya lagi hehehe .. belum kalau ada gugatan balik, kalau urusan cmn 600rb itu paling hanya ide licik minta dananya refund tapi tidak terlalu fungsional vpsnya jadi pengen dijadiin uang lagi. itu hanya gertak sambal saja sih biasanya ... t.o.s yg dibuat ya sah, kan waktu order harus memahami dulu, namun SLA nya bagaimana ? akan lebih kuat kalau ketika order tanda tangan t.o.s dulu hehehe tapi pasti ribet.
Ya sebenernya kejadian seperti ini sih banyak juga sebelumnya, tergantung kita dari provider gimana nanggapinnya, ntah dari si klien tidak paham dari isi TOS & SLA sebelum order atau tidak membacanya, atau bahkan ngeyel. yang jelas sih ya TOS itu sendiri bisa menjadi bukti dari aturan yang kita terapkan, dan klien harusnya tahu sebelum order.
 
setahu saya, refund biasanya barang fisik ya tuan. kalau jasa, biasanya nggak ada refund. tapi ya balik lagi ke TOS nya seperti apa, tuan.. :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top