Website klien kena "hack" tanggung jawab siapa?


Saya baru saja mau memulai bisnis web hosting.
Selama ini hanya sebagai pengguna.

Pas jadi klien, nyalahkan siapa?



Bisakah tuan2 berbagi pengalaman kalau website pelanggan kena "hack" itu tanggung jawab siapa dan bagaimana mengatasinya?


Terima kasih

--

sebenernya semua tanggung jawab klien, script error, kena hack bukan urusan provider
cara mengatasinya buat ToS yang bagus, biar klien gak sembarangan nanti bisa buat celah keamanan yang ujung2nya merugikan anda sebagai provider.
 
Last edited:
Yang salah ada banyak tuan ... terkadang salah dari sisi user karena upload virus (biasanya bundle dari nulled script), terkadang salah dari pembuat script karena Vulnerable (rentan) di exploit , terkadang juga salah dari sisi provider hosting (SysAdmin) karena gak terlalu ngurusin alias males servernya .... tinggal di lempar - lempar aja begitu
 
Bisa. Kalau satu user sangat mudah karena punya hak akses yang sama, namun jika beda user biasanya melalui symlink.
Cara simple mengatasi agar gak loncat:
1. Pake CageFS dari Cloudlinux (berbayar)
2. Disable fungsi symlink di PHP.ini
3. Set proteksi symlink di apache

terimakasih tuan tipsnya,

saya sendiri selama buka jasa website menggunakan share hosting dan baru2 ini pake reseller, tapi tidak untuk jualan hosting, saya gunakan untuk menampung website pelanggan, dan saya yang memastikan website pelanggan lancar, tapi juga ada pelanggan yang ingin hostingnya di hendel oleh pelanggan, nah di sini saya membuat aggrement yang mana tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada websitenya, hehe (tapi sebenernya tetap dibantu).

karena saya jasa website, maka pelanggan tidak perlu repot mikirin websitenya, apalagi sampai upload2 inul-inul.
ditambah saya juga baru mulai, belum terlalu paham dengan perhostingan, jadi jika terjadi sesuatu dengan akun saya, maka urusan saya dengan provider hosting.

pelanggan bisa dengan tenang dengan bisnisnya. (Copykriting)
:18:
 
Back
Top