[Solved] Saran - Ada perusahaan meluncurkan somasi


Status
Not open for further replies.
Maaf, agar lebih jelasnya, saya ada pertanyaan terkait atas tuntutan nama domain nya ??

1. Atas dasar apa PT. Media Y melakukan somasi itu ??
2. Apakah nama domainnya adalah nama merek yang terdaftar dan di lindungi hukum ??

Biasanya sih yang melakukan somasi adalah Pemilik merek dan merasa lebih berhak atas nama domain itu.

kalau memang komplain hak cipta, kita hanya berkewajiban menonaktifkan domain tersebut, tidak berkewajiban memberikan akses ke domainnya.
Hal ini lebih simple, :D
 
kalau memang komplain hak cipta, kita hanya berkewajiban menonaktifkan domain tersebut, tidak berkewajiban memberikan akses ke domainnya.
Hal ini lebih simple, :D
Iya juga sih... kita sebagai provider bisa langsung non-aktifkan namadomain itu.
Namun bagaimana kalau pemilik nya tetap tidak terima dan minta ganti rugi atas kerugian sebelumnya..??
Biasanya Somasi (teguran) itu terjadi, karena ada pelanggaran sebelumnya dan salahsatu pihak ada yang merasa di rugikan...
 
Last edited:
Saya coba colek bung @DraCoola ya, yang sudah membantu saya.
Di posisi in, saya sebagai pihak "penuntut" (semisal si Y) tetapi lebih tepatnya saya berada diantara semisal mister X dan semisal media Y.

Tetapi kasusnya mungkin belum sepelik bung @Hosterbyte, karena telah terbit surat cinta itu. Tetapi seandainya, saat itu, mediasi tidak mencapai kesepakatan, kemungkinan surat itu akan muncul. Yang disasar belum dipastikan siapa, tetapi yang berhubungan dengan pemegang domain dan hosting, sepengetahuan saya waktu itu karena mereka jg menanyakan mau diarahkan kemana surat itu (nah betul memang harus ada 'kambing hitam', tetapi saya jawab sebaiknya memang harus komunikasi dahulu). Nah bung @DraCoola mgkn bisa cerita sedikit kiat2 menghadapinya, krn kelihatannya beliau sudah terbiasa.

Trims sekali lagi untuk @DraCoola

tengkiu masgan @winnervps , colekannya kena di pinggul :9:

Selamat malam warga dwh.

Saya mau sedikit curhat.
Saya memiliki client portal berita yang sudah 3 tahun menggunakan layanan share hosting.
sebut saja client saya itu atas nama perseorangan Mister X. dia sebagai pendaftar domain dan admin dari websitenya.

Tiba tiba barusan saya dapat surat somasi dari PT. Media Y . Dalam suratnya tertulis menjelaskan bahwa Mister X sudah tidak lagi menjadi karyawannya dan sudah tidak berhak mempublish artikel kembali. dan PT. Media Y ini minta untuk penghapusan akun dan minta kode EPP domain yang didaftarkan Mister X. Dalam suratnya dikatakan PT. Media X telah di rugikan dan jika dalam waktu yang ditentukan permintaannya tidak dipenuhi akan dilanjut jalur hukum.
buat masgan @Hosterbyte yg paling berhak tentu aja Mister X
kerna hoster taunya hanya yg mendaftarkan domain + hosting
itu dah mutlak
maka masgan @Hosterbyte wajib ngabarin Mister X kalo ada pihak/orang yg bernama xxx dari xyz mengajukan rikues pemindahan kepengelolaan

jadi kalo tau² muncul PT Media Y dan ngasi somasi, artinya person pelapornya adalah orang berwatak/berkepribadian kasar dan tidak tahu aturan
siapa juga yg dulunya nyuruh Mister X daftarin domain dan hosting mereka?
apakah yg nyuruh masgan @Hosterbyte ? Atau istri mudanya masgan @Hosterbyte ?
ya tentu aja yg nyuruh mereka sendiri sejak awalnya
skarang bgitu si karyawan yg disuruh daftar tadi keluar kok jadi sewot dan nuntut hukum ke hostingan?

harusnya si pelapor kasar tadi cukup bilang bahwa mereka adalah pemilik resmi website portal berita xyz yg meminta hak kepengelolaan dari pengelola lama yg sudah keluar dari perusahaan
karena inti permasalahan adalah rikues pemindahan kepengelolaan aja
ga perlu ada acara ngamuk² biar keliatan paling benar paling berhak (supaya bisa ada yg paling bersalah)
yang berlaku ya pake jalur umum seperti yg biasa dipake di planet ini :

1. validasi
2. validasi
3. validasi
4. validasi
5. validasi

dokumen validasi harus sesuai dengan konten halaman kontak di website.
KTP, SIUP, TDP, Surat Keterangan dan Surat Permohonan dst dst

kalo dokumen dah diterima dan valid, kabarin pengelola lama (member masgan @Hosterbyte )
beri waktu 1x24 jem
jika nda ada response lewat 1x24 maka bisa di push kepengelolaan website (dan domain-hosting) ke pihak pemohon/pengelola baru
btw selain selama 1x24 jem, masgan @Hosterbyte juga bisa menentuken berapa lamanya sesuai kebijakan internal sendiri

jadi sebenernya ya tjuma itu aja
bukan lalu ngamuk karena merasa dirugikan.... dirugikan siapa?
kalo mau ngamuk bisa disuruh kejar aja si Mister X buat diamuk dan dituntut
hostingan hanja bisa bantu ngasih data alamat email, alamat fisik, ama no telp/hp Mister X yg terdaftar di kita, itu aja
kalo ada bantuan berlebih ya sekedar bantu ngasih alamat facebook ato instagram twitter dst, based on alamat email Mister X

oia, btw yg semodel PT. Media Y ini (oknum konyol-kasar dari PT. Media Y) juga bisa dituntut balik loh
dituntut karena fitnah membabi buta menuduh hoster bersengkongkol dengan klien/website tertentu
dia telah mencederai fungsi pekerjaan masgan @Hosterbyte sebagai layanan penyedia domain-hosting
kerna dari cara ybs yg dah diterapken kepada masgan @Hosterbyte , kedepannya bisa aja terjadi orang itu nyuruh karyawan beliin tiket kereta untuk perusahaan lalu kepemilikan data tiket bermasalah, tapi yg disomasi malah PT Kereta Api Indonesia
PT Kereta Api Indonesia dituntut kerna bersekongkol dengan karyawan yg mereka suruh membelikan tiket :109:
 
Last edited:
Kalau bisa diselesaikan secara baik-baik kekeluargaan aja. Tapi kalau dituntut di jalur hukum ladenin aja Tuan. Akan banyak yg belain. Dan bisa dapat promosi gratis. :D
 
Saya coba colek bung @DraCoola ya, yang sudah membantu saya.
Di posisi in, saya sebagai pihak "penuntut" (semisal si Y) tetapi lebih tepatnya saya berada diantara semisal mister X dan semisal media Y.

Tetapi kasusnya mungkin belum sepelik bung @Hosterbyte, karena telah terbit surat cinta itu. Tetapi seandainya, saat itu, mediasi tidak mencapai kesepakatan, kemungkinan surat itu akan muncul. Yang disasar belum dipastikan siapa, tetapi yang berhubungan dengan pemegang domain dan hosting, sepengetahuan saya waktu itu karena mereka jg menanyakan mau diarahkan kemana surat itu (nah betul memang harus ada 'kambing hitam', tetapi saya jawab sebaiknya memang harus komunikasi dahulu). Nah bung @DraCoola mgkn bisa cerita sedikit kiat2 menghadapinya, krn kelihatannya beliau sudah terbiasa.

Trims sekali lagi untuk @DraCoola

kang @winnervps : terimakasih buat tambahan informasinya.

tengkiu masgan @winnervps , colekannya kena di pinggul :9:


buat masgan @Hosterbyte yg paling berhak tentu aja Mister X
kerna hoster taunya hanya yg mendaftarkan domain + hosting
itu dah mutlak
maka masgan @Hosterbyte wajib ngabarin Mister X kalo ada pihak/orang yg bernama xxx dari xyz mengajukan rikues pemindahan kepengelolaan

jadi kalo tau² muncul PT Media Y dan ngasi somasi, artinya person pelapornya adalah orang berwatak/berkepribadian kasar dan tidak tahu aturan
siapa juga yg dulunya nyuruh Mister X daftarin domain dan hosting mereka?
apakah yg nyuruh masgan @Hosterbyte ? Atau istri mudanya masgan @Hosterbyte ?
ya tentu aja yg nyuruh mereka sendiri sejak awalnya
skarang bgitu si karyawan yg disuruh daftar tadi keluar kok jadi sewot dan nuntut hukum ke hostingan?

harusnya si pelapor kasar tadi cukup bilang bahwa mereka adalah pemilik resmi website portal berita xyz yg meminta hak kepengelolaan dari pengelola lama yg sudah keluar dari perusahaan
karena inti permasalahan adalah rikues pemindahan kepengelolaan aja
ga perlu ada acara ngamuk² biar keliatan paling benar paling berhak (supaya bisa ada yg paling bersalah)
yang berlaku ya pake jalur umum seperti yg biasa dipake di planet ini :

1. validasi
2. validasi
3. validasi
4. validasi
5. validasi

dokumen validasi harus sesuai dengan konten halaman kontak di website.
KTP, SIUP, TDP, Surat Keterangan dan Surat Permohonan dst dst

kalo dokumen dah diterima dan valid, kabarin pengelola lama (member masgan @Hosterbyte )
beri waktu 1x24 jem
jika nda ada response lewat 1x24 maka bisa di push kepengelolaan website (dan domain-hosting) ke pihak pemohon/pengelola baru
btw selain selama 1x24 jem, masgan @Hosterbyte juga bisa menentuken berapa lamanya sesuai kebijakan internal sendiri

jadi sebenernya ya tjuma itu aja
bukan lalu ngamuk karena merasa dirugikan.... dirugikan siapa?
kalo mau ngamuk bisa disuruh kejar aja si Mister X buat diamuk dan dituntut
hostingan hanja bisa bantu ngasih data alamat email, alamat fisik, ama no telp/hp Mister X yg terdaftar di kita, itu aja
kalo ada bantuan berlebih ya sekedar bantu ngasih alamat facebook ato instagram twitter dst, based on alamat email Mister X

oia, btw yg semodel PT. Media Y ini (oknum konyol-kasar dari PT. Media Y) juga bisa dituntut balik loh
dituntut karena fitnah membabi buta menuduh hoster bersengkongkol dengan klien/website tertentu
dia telah mencederai fungsi pekerjaan masgan @Hosterbyte sebagai layanan penyedia domain-hosting
kerna dari cara ybs yg dah diterapken kepada masgan @Hosterbyte , kedepannya bisa aja terjadi orang itu nyuruh karyawan beliin tiket kereta untuk perusahaan lalu kepemilikan data tiket bermasalah, tapi yg disomasi malah PT Kereta Api Indonesia
PT Kereta Api Indonesia dituntut kerna bersekongkol dengan karyawan yg mereka suruh membelikan tiket :109:

buat kang @DraCoola : terimakasih untuk informasinya. sangat membantu sekali. :77::77::77:
 
Wah, kalau itu sih udah pernah, tapi kita tidak menanggapi masalah hal itu karena sudah sesuai TOS (Kalau saya websitenya juga kagak ada isinya ya, waktu perjanjian sewa ada MoU) kebetulan dia pakai VPS. Akhirnya kita pertemukan kedua belah pihak. Asal kita punya niat baik dan tidak dilawan keras juga pasti lunak.
 
alhamdullulah problem sudah terselesaikan dengan baik baik dari kedua pihak. terimakasih buat masukan dan share pengalamannya warga dwh. setelah dijelasin sesuai TOS dan duduk bareng masalah clear..
thread sudah bisa di close tuan admin @blackibank
 
Wah, kalau itu sih udah pernah, tapi kita tidak menanggapi masalah hal itu karena sudah sesuai TOS (Kalau saya websitenya juga kagak ada isinya ya, waktu perjanjian sewa ada MoU) kebetulan dia pakai VPS. Akhirnya kita pertemukan kedua belah pihak. Asal kita punya niat baik dan tidak dilawan keras juga pasti lunak.
iya tuan @Salacahost , problem sudah terselesaikan dengan duduk bareng ;)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top