Saran bagi pengguna webhosting


Status
Not open for further replies.
Kalau sudah berani terjun di dunia maya, katanya ... ntah ya kata siapa? ... 'Don't Trust Any Body' ....

Klien sebagai pemilik web dan domain jangan percaya sepenuhnya sama hosting provider, makanya secara rutin harus lakukan backup, baik full backup untuk keperluan pindah hosting (siapa tahu providernya kabur atau bangkrut) ataupun partial backup untuk keperluan kalau klien sendiri salah pencet dan merusak webnya sendiri, dll .. banyak hal bisa terjadi.

Hosting Provider juga jangan percaya sepenuhnya dengan Data Center, bisa saja tiba2 listrik mati, genset tidak hidup dan UPS gak tahan lama, maka server bisa crash dan banyak hal/faktor bisa terjadi. Bahkan tidak ada kejadian apapun bisa saja tiba2 harddisk corrupt. Maka idealnya hoster juga punya remote backup di Data Center lain. Jadi kalau ada masalah maka recovery-nya bisa lebih cepat.

Data Center harusnya juga jangan percaya sepenuhnya sama upstream yg katanya bandwidth sudah dibackup lewat 3 jalur dsb. Idealnya Data Center juga punya bandwidth cadangan lewat jalur lainnya. Data Center sebaiknya juga punya secondary UPS untuk antisipasi kalau UPS utama gagal berfungsi, dll. dll. dll.

Wah kalau kondisi ideal ini semua bisa terpenuhi, maka acara klian marah2 ke hosting provider, provider marah2 ke data center mungkin tidak akan terjadi ... dan hidup serasa nyaman sekali .... nyesss nyeesss nyesss .....
Tapi pastinya semakin tinggi kualitas layanannya pasti ada konsekuensi biaya ... nah biaya colocation jadi mahal, biaya hosting jadi mahal ..... akhirnya klien masih marah juga, kok mahal sih padahal kan cuma sewa sekian MB ... bla bla bla .... Jadi hosting provider akan tetap pusing juga .... hahahahahaha ... tapi itulah seninya bisnis ini .... kadang adem ayem, kadang menegangkan, kadang lucu ... wuissss komplit dech
 
Tapi pastinya semakin tinggi kualitas layanannya pasti ada konsekuensi biaya ... nah biaya colocation jadi mahal, biaya hosting jadi mahal ..... akhirnya klien masih marah juga, kok mahal sih padahal kan cuma sewa sekian MB ... bla bla bla .... Jadi hosting provider akan tetap pusing juga .... hahahahahaha ... tapi itulah seninya bisnis ini .... kadang adem ayem, kadang menegangkan, kadang lucu ... wuissss komplit dech

ilustrasi yang sangat menarik. khusus yang saya quote ini yang jadi "bumerang". tapi kalo edukasinya dapet, kemungkinan hosting mahal dengan deretan argument kayak abang server ini, bisa dimaklumi klien. atau malah mereka marah2 lagi.... ??
 
Saran yang sangat bagus sob, baru-baru ini saya juga mulai usaha hosting walau baru jadi reseller di HG. Nama besar juga bukan jaminan untuk kita sebagai reseller mempercayakan 100% kepada pihak HG.
 
salam bat semua
saya orang awam Tuan mu ijin ikut cari ilmu di sini,,

kalu menurut saya backup data memang penting,,,
tp yang lebih penting adalah kesadaran dari si pemilik data itu sendiri
Klien, provider maupun Data Center mempunyai tanggung jawab yang sama dalam hal menjaga data
tapi terkadang banyak hal yang tidak di duga terjadi dan menyebabkan rusak/hilang nya data tersebut
karna itu perlu adanya perjanjian diantara kedua belah pihak saat melakukan transaksi(jual beli hosting/Reseller/vps)
untuk menangulangi hal2 yg tida di ingin kan di kemudian hari.
dengan catatan tidak merugikan salah satu pihak dan di setujui oleh keduanya.

ya yang namanya musibah kan bukan keinginan kita,,

demikian lah saran saya,,
mohon maaf klo ada yg salah
maklum saya orang awam yg masih banyak harus belajar
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top