Minimal
Apprentice 1.0
DWH di usianya yang hampir menyentuh fase dewasa pada manusia telah menjadi barometer sekaligus referensi "terpercaya" oleh konsumen di Indonesia untuk urusan dunia per-hosting-an. DWH juga menjadi satu-satunya forum komunitas di mana hampir semua hoster Indonesia bahkan mancanegara berkumpul dan berbagi pengetahuan.
Namun, akhir-akhir ini saya melihat ada suatu "fenomena" yang agak menarik sekaligus memancing "rasa" penasaran saya sebagai pengunjung setia DWH. Entah karena latar belakang pekerjaan saya sebagai analis atau memang saya yang terlalu over-sensitif terhadap perkembangan isu ini.
Untuk tidak menyinggung atau "nyinyir" kepada salah satu atau beberapa pihak yang mungkin telah mengetahui "isu" ini maka saya akan menjabarakan "ke-khawatir-an saya ini secara umum dan se-sopan mungkin.
Jika kita sedikit menilik sub-forum Kesan Positif & Testimonial pelanggan hosting ada satu hal yang mungkin dapat menjadi bahan perbincangan yaitu masif-nya testimoni kesan positif dari pelanggan dengan isi yang dangkal. Selain jumlah thread-nya yang menurut saya cukup fantastis, hal lain yang turut mengerenyutkan dahi adalah isi dari testimoni tersebut. Hampir semua thread-thread tersebut hanya berupa kalimat pendek dengan isi tidak lebih dari sekedar puas dengan layanan, CS Supportnya ramah, hosting-nya kenceng, dapat diskon lumayan, dan lain-lain. Persis seperti review-review di markeplace online seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.
Apa yang lebih mengejutkan lagi adalah hampir semua dari mereka yang meluangkan waktunya untuk menulis review positif adalah mereka yang baru berlangganan satu bulan, dua bulan bahkan kurang dari itu. Logikanya bagaimana kita bisa memberikan review yang fair dan komprehensif jika baru saja menikmati "bulan madu" di hosting-hosting tersebut.
Jika memang ingin mencoba suatu layanan produk dari satu penyedia hosting maka seharusnya dilakukan minimal 6 bulan dari hosting aktif. Dalam periode tersebut setidaknya sudah dapat terlihat bagaimana kualitas dari produk yang anda beli. Semakin lama anda berlangganan maka semakin banyak pengalaman manis dan pahit yang sudah, sedang dan akan anda rasakan.
Menyikapi hal tersebut saya selaku warga kelas proletar DWH yang ingin melihat DWH tidak hanya dijadikan sebagai media "promosi" terselubung maka sudah saatnya para pengurus DWH melakukan reformasi di sub-forum Kesan Positif & Testimonial agar ke depannya referensi Kesan Positif benar-benar menjadi sumber referensi yang akurat.
Reformasi -mungkin- bisa dimulai dengan melakukan pre-screening terhadap member yang ingin membuka thread Kesan Postif:
Pre-Screening
Saya bukan pemilik usaha hosting dan maksud dari propasal ini bukanlah untuk menyulitkan atau menyudutkan pihak-pihak tertentu namun lebih sebagai upaya partisipatif saya agar kedepannya hasil pencarian di mesin pencari Google tidak dipenuhi oleh Kesan Positif yang cenderung promosi daripada pengalaman nyata konsumen hosting.
Terima Kasih.
Namun, akhir-akhir ini saya melihat ada suatu "fenomena" yang agak menarik sekaligus memancing "rasa" penasaran saya sebagai pengunjung setia DWH. Entah karena latar belakang pekerjaan saya sebagai analis atau memang saya yang terlalu over-sensitif terhadap perkembangan isu ini.
Untuk tidak menyinggung atau "nyinyir" kepada salah satu atau beberapa pihak yang mungkin telah mengetahui "isu" ini maka saya akan menjabarakan "ke-khawatir-an saya ini secara umum dan se-sopan mungkin.
Jika kita sedikit menilik sub-forum Kesan Positif & Testimonial pelanggan hosting ada satu hal yang mungkin dapat menjadi bahan perbincangan yaitu masif-nya testimoni kesan positif dari pelanggan dengan isi yang dangkal. Selain jumlah thread-nya yang menurut saya cukup fantastis, hal lain yang turut mengerenyutkan dahi adalah isi dari testimoni tersebut. Hampir semua thread-thread tersebut hanya berupa kalimat pendek dengan isi tidak lebih dari sekedar puas dengan layanan, CS Supportnya ramah, hosting-nya kenceng, dapat diskon lumayan, dan lain-lain. Persis seperti review-review di markeplace online seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.
Apa yang lebih mengejutkan lagi adalah hampir semua dari mereka yang meluangkan waktunya untuk menulis review positif adalah mereka yang baru berlangganan satu bulan, dua bulan bahkan kurang dari itu. Logikanya bagaimana kita bisa memberikan review yang fair dan komprehensif jika baru saja menikmati "bulan madu" di hosting-hosting tersebut.
Jika memang ingin mencoba suatu layanan produk dari satu penyedia hosting maka seharusnya dilakukan minimal 6 bulan dari hosting aktif. Dalam periode tersebut setidaknya sudah dapat terlihat bagaimana kualitas dari produk yang anda beli. Semakin lama anda berlangganan maka semakin banyak pengalaman manis dan pahit yang sudah, sedang dan akan anda rasakan.
Menyikapi hal tersebut saya selaku warga kelas proletar DWH yang ingin melihat DWH tidak hanya dijadikan sebagai media "promosi" terselubung maka sudah saatnya para pengurus DWH melakukan reformasi di sub-forum Kesan Positif & Testimonial agar ke depannya referensi Kesan Positif benar-benar menjadi sumber referensi yang akurat.
Reformasi -mungkin- bisa dimulai dengan melakukan pre-screening terhadap member yang ingin membuka thread Kesan Postif:
Pre-Screening
- Member dengan minimal tanggal bergabung 3 bulan dari tanggal pembukaan thread.
- Member dengan jumlah post minimal 25
- Thread harus bersifat pre-approval artinya thread baru akan tayang jika telah di-apporve oleh para moderator dengan kriteria tertentu (akan dijabarkan kemudian)
- Dalam penulisan Kesan Positif harus ada minimal karakter huruf yang harus dipenuhi misal minimal 500 karakter untuk menghindari kualitas penulisan yang ala kadarnya sekedar kejar target.
- Buat templete thread yang rinci seperti Nama Domain, Nama Hosting, Paket Hosting, Jenis Layanan, Lama Berlangganan, Alasan Kesan Positif secara terperinci dan secara kronologis runut dan Link/Dokumen pendukung lainnya.
- Jika member tidak ingin nama domainnya dipublikasikan secara umum maka dapat memberitahukan kepada para moderator untuk dilakukan verifikasi lanjutan dan dapat di-coret/blur atau cara lainnya untuk menyamarkan.
- Link/Dokumen pendukung dapat berupa screenshot yang menampilkan laman bahwa member benar berlangganan di hosting tersebut.
- Jika isi Kesan Positif adalah kepuasan terhadap kualitas dan performa hosting yang disewa maka wajib menyertakan live link status page uptime dari domain yang dimaksud (dapat diberikan kepada moderator jika domain tidak ingin diketahui) atau screenshot status page uptime dengan domain yang telah disembunyikan untuk member secara publik. Hal ini berlaku juga untuk status kecepatan website, load page atau standar pengukuran lainnya.
- Lama berlangganan minimal 6 bulan.
- Thread yang tidak memenuhi syarat Pre dan Screening maka tidak akan dipublikasi oleh moderator.
- Moderator akan memberikan alasan kenapa thread tidak memenuhi syarat dan memberikan kesempatan kembali untuk member jika ingin memperbaiki atau menambahkan kekurangan yang ada.
- Member dapat meminta kepada para Moderator untuk menghapus/meng-edit thread Kesan Positif yang telah dibuatnya jika di kemudian hari ternyata antara review dan kenyataan berkata sebaliknya dengan melampirkan bukti-bukti yang ada.
Saya bukan pemilik usaha hosting dan maksud dari propasal ini bukanlah untuk menyulitkan atau menyudutkan pihak-pihak tertentu namun lebih sebagai upaya partisipatif saya agar kedepannya hasil pencarian di mesin pencari Google tidak dipenuhi oleh Kesan Positif yang cenderung promosi daripada pengalaman nyata konsumen hosting.
Terima Kasih.