Problem Domain Resolve


Status
Not open for further replies.
yup betul sekali, semua jurus harus dikeluarkan kecuali jurus asbun (asal bunyi alias ngarang) apalagi nipu... bisa gak berkah usaha kita soalnya... BAhaya... :)

asbun itu jurus langkah seribu hee .. alias lari dan tidak memberikan solusi alternatif. intinya meyakinkan pelanggan dengan berbagai cara yang positif dan tentunya mendidik hee

salam,
 
Saya ngalamin juga mas, pakai 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 (google) resolvenya ok. DNS Report juga bisa tahu ada di mana.

pas nslookup pakai Telkom Speedy dan Smart nggak tahu, ampe saya tungguin 2 hari tapi pas saya buat A record di hoster IIX malah resolve ipnya. Aneh.

Cara penanggulangannya, saya pakai everydns dan tidak pakai bawaan dari registrar. langsung tokcer :)

dns telkom speedy rata2 pelanggannya pakai dns default yang di hajar rame2 sa-indonesia jadi wajar saja dns-nya mabok dan nggak valid. meski ada beberapa alternatif dns speedy/telkom namun kurang sosialisasi jadi pelanggan terima beres terus. yang rajin explore saja yang sampai bisa tau tentang google public dns dll-nya.

pakai everydns atau free dns lainnya memang bisa jadi alternatif, namun bukan solusi dong hee .. kan topiknya menggunakan free dns service di logicbox uk2 :) biar simple, satu tempat dan intinya memanfaatkan/memaksimalkan fitur yang ada di registrar.

btw, thanks atas responnya.

salam.
 
Sedikit menambahkan ini adalah cara pembuktian bahwa server anda tidak terjadi masalah, coba minta kepada clientnya untuk mengakses website pihak ketiga seperti :

http://dns-tools.domaintools.com/ lalu ketik webnya atau ipnya untuk ping.
http://www.secure-tunnel.com/ lalu ketikan alamat webnya, ini berguna untuk pembukti bahwa webnya bisa diakses.

Hal2 diatas bisa menjadi pegangan anda untuk pembuktian ke client anda. Jika semua cara diatas terbukti bisa diakses maka gangguannya terjadi dari sisi client misalnya gangguan ISP atau bisa juga dari sisi anda dalam hal ini IP client anda terblokir firewall.

Demikian.
 
Sedikit menambahkan ini adalah cara pembuktian bahwa server anda tidak terjadi masalah, coba minta kepada clientnya untuk mengakses website pihak ketiga seperti :

http://dns-tools.domaintools.com/ lalu ketik webnya atau ipnya untuk ping.
http://www.secure-tunnel.com/ lalu ketikan alamat webnya, ini berguna untuk pembukti bahwa webnya bisa diakses.

Hal2 diatas bisa menjadi pegangan anda untuk pembuktian ke client anda. Jika semua cara diatas terbukti bisa diakses maka gangguannya terjadi dari sisi client misalnya gangguan ISP atau bisa juga dari sisi anda dalam hal ini IP client anda terblokir firewall.

Demikian.

sepakat untuk hal itu, dan itu sudah jadi prosedur standar saya :)
btw ini kan bukan di host di server saya .. melainkan dns record berada di sisi registrar (free dns service uk2) .. jadi beberapa isp lokal saja yang nggak resolve atau resolvenya nggak valid. kalo test via online tools dah ok.

so menurut saya info tersebut sudah sangat kuat, tapi bagi client itu bisa beda tanggapannya. malah ada juga yang membandingkan ini gara2 registrar yang digunakan adalah uk2 :)

salam,
 
biasanya kalau client udah ngeyel ga mau ngerti masalah dns, yang chatingan saya suruh kasih screenshoot :D terus suruh akses pakek web proxy :)
 
coba gunakan cache check dari opendns, pastikan value IPnya semua sudah sama dari seluruh servernya opendns, kalau sudah sama berarti sudah normal:

http://www.opendns.com/support/cache/

tapi kalau ada yang beda, coba direfresh, kalo masih beda juga berarti ada settingan yang mungkin kurang sesuai :)

thanks referensinya .. tentunya untuk meyakinkan client kita pun mesti menyertakan report dari beberapa referensi sehingga bisa diambil kesimpulan kendala memang terjadi di sisi isp yang digunakan.

trims
 
coba gunakan cache check dari opendns, pastikan value IPnya semua sudah sama dari seluruh servernya opendns, kalau sudah sama berarti sudah normal:

http://www.opendns.com/support/cache/

tapi kalau ada yang beda, coba direfresh, kalo masih beda juga berarti ada settingan yang mungkin kurang sesuai :)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top