pihak hosting minta password email, wajarkah?


Status
Not open for further replies.
kalo pihak hosting minta id dan password itu HARUS !
gunanya untuk validasi, kenapa???

karena kalo orang lain asal komplain dan ngaku2 sebagai ente, gmn coba? pura2 ada masalah dengan web nya.
jadi sah2 aja lah.
 
@TS, kalau anda percaya dengan provider anda sebaiknya kasih saja "temporary password" biar masalahnya cepat selesai, kalau gak percaya ...... sebaiknya siap2 pindah hosting. Dalam bisnis hosting, menjaga kepercayaan pelanggan adalah sama pentingnya dengan menjaga server tetap online.

Tetapi pengalaman saya sih kayaknya gak pernah ya minta password email klien, untuk kasus seperti yg TS alami kalau saya lebih prefer membuat mailbox baru pada domain klien untuk keperluan testing. Jadi kita berusaha untuk menjaga privacy klien, meskipun secara teknis kita bisa buka semua. Kalau terpaksa tetap harus menggunakan mailbox/login klien, maka biasanya kami minta ijin untuk boleh melakukan reset password, kalau sudah solved maka klien bisa reset lagi via cPanel mereka. Tujuannya sama sih, tapi beda caranya dan beda juga rasanya. Semoga bisa membantu
 
@TS, kalau anda percaya dengan provider anda sebaiknya kasih saja "temporary password" biar masalahnya cepat selesai, kalau gak percaya ...... sebaiknya siap2 pindah hosting. Dalam bisnis hosting, menjaga kepercayaan pelanggan adalah sama pentingnya dengan menjaga server tetap online.

Tetapi pengalaman saya sih kayaknya gak pernah ya minta password email klien, untuk kasus seperti yg TS alami kalau saya lebih prefer membuat mailbox baru pada domain klien untuk keperluan testing. Jadi kita berusaha untuk menjaga privacy klien, meskipun secara teknis kita bisa buka semua. Kalau terpaksa tetap harus menggunakan mailbox/login klien, maka biasanya kami minta ijin untuk boleh melakukan reset password, kalau sudah solved maka klien bisa reset lagi via cPanel mereka. Tujuannya sama sih, tapi beda caranya dan beda juga rasanya. Semoga bisa membantu
Setuju banget sama Tuan ini.. Aneh banget sampe minta password email segala.. cabut aja mas bro TS.
Untuk Tuan2 yang lain coba perhatikan baik2, hosternya bukan minta password cpanel tapi MINTA PASSWORD EMAIL. Kalau memang minta password cpanel lebih aneh lagi, emangnya hoster tsb ga bisa akses masuk pake password root?! :68: Trus bikin temporary email account buat ngetes :109:

Analogi sederhananya gini.. lo boleh maen ke rumah gue, lo boleh juga masuk ke kamar gue, tapi ngapain lo pengen tau isi lemari pakean gue? #sapatauadagstring
Intinya email perlakuannya lebih private dari sekedar webhosting, makanya standar email tuh diencript..
Tapi da akumah siapa atuh, cuman nyubi.. mohon maap kalau ada yang tersungging :77:
 
Setuju banget sama Tuan ini.. Aneh banget sampe minta password email segala.. cabut aja mas bro TS.
Untuk Tuan2 yang lain coba perhatikan baik2, hosternya bukan minta password cpanel tapi MINTA PASSWORD EMAIL. Kalau memang minta password cpanel lebih aneh lagi, emangnya hoster tsb ga bisa akses masuk pake password root?! :68: Trus bikin temporary email account buat ngetes :109:

Analogi sederhananya gini.. lo boleh maen ke rumah gue, lo boleh juga masuk ke kamar gue, tapi ngapain lo pengen tau isi lemari pakean gue? #sapatauadagstring
Intinya email perlakuannya lebih private dari sekedar webhosting, makanya standar email tuh diencript..
Tapi da akumah siapa atuh, cuman nyubi.. mohon maap kalau ada yang tersungging :77:


saya coba beberkan supaya lbh jelas dikit ya .....

Ada kalanya tidak semua staff support itu di berikan akses ke server root ->> apalagi yang masih baru dan provider yang memiliki SOP tinggi mereka bertingkat. Jadi solving case nya harus dari cpanel.

penjelasan saya di atas menjawab pertanyaan anda di "emangnya hoster tsb ga bisa akses masuk pake password root?"

Contoh ya saya ambilkan dari case di ticket staff 1 minggu yg lalu :

Client : pak, saya tidak bisa kirim email dan tidak bisa terima juga
Staff Support : bisa di informasikan pak pesan error nya apa supaya kami bantu analisa
Client : ya error gt pak kirim ga bisa terima juga ga bisa muncul pesan di layar

Ternyata setelah login ke cpanel : Quota nya dia habis ----> harus cek ke cpanel.

Contoh case lain lagi :

Error di webmail itu variatif, ada banyak sebab, saya sendiri pun kadang harus login , supaya saya bisa memahami dan mengetahui apa yg di alami customer secara langsung dengan cara login ke webmail.

Krn saya pegang root mudah bagi saya tinggal masuk2 saja, beda lagi dengan provider yg memiliki tingkatan staff support yg variatif.
 
saya coba beberkan supaya lbh jelas dikit ya .....

Ada kalanya tidak semua staff support itu di berikan akses ke server root ->> apalagi yang masih baru dan provider yang memiliki SOP tinggi mereka bertingkat. Jadi solving case nya harus dari cpanel.

penjelasan saya di atas menjawab pertanyaan anda di "emangnya hoster tsb ga bisa akses masuk pake password root?"

Contoh ya saya ambilkan dari case di ticket staff 1 minggu yg lalu :

Client : pak, saya tidak bisa kirim email dan tidak bisa terima juga
Staff Support : bisa di informasikan pak pesan error nya apa supaya kami bantu analisa
Client : ya error gt pak kirim ga bisa terima juga ga bisa muncul pesan di layar

Ternyata setelah login ke cpanel : Quota nya dia habis ----> harus cek ke cpanel.

Contoh case lain lagi :

Error di webmail itu variatif, ada banyak sebab, saya sendiri pun kadang harus login , supaya saya bisa memahami dan mengetahui apa yg di alami customer secara langsung dengan cara login ke webmail.

Krn saya pegang root mudah bagi saya tinggal masuk2 saja, beda lagi dengan provider yg memiliki tingkatan staff support yg variatif.

Semua yang Tuan sebutkan diatas saya setuju, kecuali bahwa Tuan dari awal sudah salah menafsirkan apa yang dimaksud TS bahwa yang diminta adalah password emailnya, bukan password cpanel.. gitu mas Tuan.
Mohon maap klw saya yang salah menafsirkan :77:

saya rasa sangat wajar minta akses cpanel , krn :

1. Bisa krn staff support tidak punya akses ke root lgs cek.
2. Untuk memahami masalah, sehingga harus login as END USER jadi tau yg sebenernya

Saya hosting email disebuah email hosting. Pada satu hari, ada email saya tidak bisa terkirim dengan alasan domainnya tidak ketemu (Sorry, I couldn't find any host named ...)

Padahal emailnya valid dan posisi saya adalah ingin mereply email dari teman saya itu. Lalu saya lapor ke hosting saya, dan beritahu error message-nya. Kemudian pihak hosting meminta password untuk akun email saya untuk pengecekan.

Saya belum berikan, karena saya pikir bukankah tidak boleh memberikan password sembarang orang?
Atau hal ini memang lumrah dikalangan hosting?

Saya tidak mau men-judge dulu, makanya saya tanya sama ahli2 disini.

Terima kasih.
 
setiap provider memiliki cara dan kebijakannya masing-masing termasuk dalam hal troubleshooting .. tindakan cooperate yang harus diberikan supaya bisa ditindaklanjuti toh itu tidak bisa diselesaikan disisi end user.

minta akses password email kan bukan ingin lihat isinya, sama halnya masuk ke lemari bukan untuk ingin tahu isinya (kalau cuma kelihatan ya wajar kan emang kelihatan, asal jangan ampe dibuka2 aja hehehe) tapi kenapa itu lemari tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya :) .. itu mestinya yang harus lebih bisa dipahami.

semoga masalah TS bisa segera mendapatkan solusi ..
 
kalo pihak hosting minta id dan password itu HARUS !
gunanya untuk validasi, kenapa???

karena kalo orang lain asal komplain dan ngaku2 sebagai ente, gmn coba? pura2 ada masalah dengan web nya.
jadi sah2 aja lah.

yup bener, tujuan utamanya untuk validasi

Setuju banget sama Tuan ini.. Aneh banget sampe minta password email segala.. cabut aja mas bro TS.
Untuk Tuan2 yang lain coba perhatikan baik2, hosternya bukan minta password cpanel tapi MINTA PASSWORD EMAIL. Kalau memang minta password cpanel lebih aneh lagi, emangnya hoster tsb ga bisa akses masuk pake password root?! :68: Trus bikin temporary email account buat ngetes :109:

Analogi sederhananya gini.. lo boleh maen ke rumah gue, lo boleh juga masuk ke kamar gue, tapi ngapain lo pengen tau isi lemari pakean gue? #sapatauadagstring
Intinya email perlakuannya lebih private dari sekedar webhosting, makanya standar email tuh diencript..
Tapi da akumah siapa atuh, cuman nyubi.. mohon maap kalau ada yang tersungging :77:

Semua yang Tuan sebutkan diatas saya setuju, kecuali bahwa Tuan dari awal sudah salah menafsirkan apa yang dimaksud TS bahwa yang diminta adalah password emailnya, bukan password cpanel.. gitu mas Tuan.
Mohon maap klw saya yang salah menafsirkan :77:

haha, begini nih pernyataan orang yang bener2 newbie. bisanya bikin konotasi negatif saja
saya maaf kan, cuma pernyataan anda sedikit kearah flamming. (hati-hati makanya klo berasumsi)

mungkin dari saya atau hoster-hoster lain. login ke cpanel atau email "tanpa minta password" ataupun "tanpa mengganti password" itu cuma seperti buka tutup buku. (terkecuali terbatas dengan login vps dengan virtualisasi tertentu ataupun dedi/colo)

tapi bagi saya harus menjamin privasi dan keamanan data pelanggan, dan itu mutlak

dulu saya pernah kejadian diomel2in seperti ini sama client, sampai2 clientnya ngelapor ke atasan saya
lalu clientnya marah-marahin saya panjang kali lebar. saya cuma blg "bapak kalau ngomel2 aja masalah bapak tidak akan selesai. saya minta akses server anda, biar saya cek"

clear

kalau memang tidak percaya, coba buat 1 account lain di domain yang sama lalu tes emailnya lagi.
nah iya, saya biasanya buat kayak gini :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top