Perlindungan bagi customer web hosting


Status
Not open for further replies.
Wah kelihatannya repot deh ini.
Saya baca-baca TOS-nya, ternyata keterangan money back guarantee tidak disebutkan sama sekali.
Keterangan money back guarantee hanya tertera di web-nya saja.
Apakah ini artinya tidak valid money back guarantee-nya ya?

Iseng-iseng saya bandingkan dengan web hosting lain yang saya pakai, dan ternyata semua informasi money back tertera jelas di TOS.

Waduh.... Waduh......



Saya lihat untuk membatalkan transaksi tidak ada.
Yg ada adalah untuk melakukan dispute (Mungkin maksudnya komplain kali ya?).

ehm.. kalau dispute pake paypal, setahu saya ada fee nya..cuman saya kurang tau sapa yang nanggung fee nya.. yang saya tau, karena ini barang yang intangible/software, peluang mas untuk menang dispute lumayan gede karena barang2 seperti ini tidak diproteksi sama paypal..
 
Tetap kontak mereka, melalui chat, sms, support ticket, ingatkan janji mereka. Tunggu.

Sambil menunggu, Anda harus punya sikap. Meneruskan disana atau pindah hosting. Jika pindah, segera pindahkan NS nya. Life must go on. Jadikan hal ini pelajaran.

Untuk evaluasi para hoster di Indonesia, jika belum ada solusi, bikin thread baru di keluhan web hosting. Semoga kelar.
 
Sebelum memilih hosting, baca baca review dari hoster yang akan dipilih. di google dulu...
lebih baik pilih share hosting yang biayanya gak murah dan gak mahal, jadi sedang sedang saja seperti lagunya vety vera kekeke

Betul juga ya......... Bisa jadi saya yang tidak waspada nih, lihat harga murah langsung serbu aja.

waduh tempat saya jadi merasa ikut kategori tersebut :39:

Tapi di tempat Tuan biar harga murah, pasti kualitas tetap yahud toh.... :)

Mungkin perlu dikoreksi juga, bukan dari 100rb nya tapi "dapat apa" dengan 100rb tadi. Kalau 100rb/tahun = space 10MB BW 1000MB ini termasuk murah apa mahal..

Begini, kalau saya menilainya anda terlalu gegabah dalam menyatakan kekecewaan terhadap provider tersebut, mungkin akan lebih bijak jika mas griyakuliner memberikan kesempatan terlebih dulu kepada provider tersebut agar benar2 bisa menilai bagus dan tidaknya layanan yang diberikan setidaknya setelah mencobanya dalam kurun waktu yang pantas untuk bisa menilainya.
Bukannya order baru berjalan selama 1 minggu?? coba bersabar saja dulu karena bisa saja provider yang bersangkutan kebetulan sedang maintenance servernya sehingga sibuk dengan urusan server sehingga ticket responnya lama. Apalagi ada info kalau ada pergantian IP maka bisa jadi mereka baru saja migrasi atau upgrade server.

Mohon maaf mas bukan bermaksud menggurui, Manis di depan belum tentu manis di kemudian hari. Sebaliknya Pahit di depan belum tentu akan pahit terus-terusan ... :)

So... kasih kesempatan dulu lah buat mereka, tapi entahlah kalau mas griyakuliner "mengejar periode" money guarantednya :)

Space dapat 5GB dengan bandwith 100GB.
Terima kasih atas nasehat Tuan, tetapi rasanya sudah berat deh.
Permintaan refund cuma diulur-ulur aja. Jadi rasanya memang pihak web hosting tidak ada itikad baik.

Sebaiknya sebelum melakukan permintaan ganti rugi supaya kontak mereka terlebih dahulu, supaya mereka tahu dan tidak kaget kalau mendapatkan proses dispute dari PayPal. Dan sebaiknya gunakan dispute kalau memang tidak ada kejelasan, jangan seperti order domain via PayPal lalu dispute, itu tidak baik/benar, kasihan pihak penjual. :D

Cuma diulur-ulur waktu aja.
Mungkin biar masa garansi uang kembali nya terlewati.

ehm.. kalau dispute pake paypal, setahu saya ada fee nya..cuman saya kurang tau sapa yang nanggung fee nya.. yang saya tau, karena ini barang yang intangible/software, peluang mas untuk menang dispute lumayan gede karena barang2 seperti ini tidak diproteksi sama paypal..

Waduh kalau pembeli (saya) yg menanggung fee repot juga ya....

Tetap kontak mereka, melalui chat, sms, support ticket, ingatkan janji mereka. Tunggu.

Sudah dicoba bicara baik2 tetapi tidak ada itikad baik dari pihak web hosting.
Jadi saya submit komplain/dispute ke Paypal, namun katanya proses sampai 30 hari..... Lama bener ya?
 
Selamat Malam Master-Master,

Saya ingin bertanya nih.....

Sekitar 1-2 minggu-an yang lalu saya order sebuah paket shared web hosting kecil.

Awalnya saya tertarik order karena pihak web hosting memang sedang ada promosi, sehingga bisa dapat diskon 50% life time.

Sayangnya setelah di order, apa yang di dapat kan mengecewakan, misalnya:

1. Server down selama berjam-jam, kalau nggak salah sekitar 6-10 jam, dan tidak ada penjelasan apapun juga, bahkan setelah up lagi.
Setelah saya kirim tiket, cuma dijawab ganti IP.

2. Support yang dijanjikan 24 jam sehari, dengan waktu respon rata-rata 15-30 menit, dan paling lama 1-2 jam, ternyata tidak terbukti.
Tiket awal memang jawaban sekitar 3 jam, setelah itu karena masih harus ada follow up, maka saya reply, nah ini mulai bermasalah. Jawaban sekitar 24-48 jam, bahkan juga tidak dijawab.

Akhirnya karena merasa apa yang dijanjikan tidak sesuai kenyataan, maka saya meminta cancel account web hosting tersebut.

Account tersebut tidak pernah digunakan, karena server down berjam-jam tanpa penjelasan, dan juga masalah teknis tidak terselesaikan, jawaban lama sekali dan terkesan cuma mengulur waktu.

Karena pihak web hosting menjanjikan money back guarantee, maka saya berharap uang saya bisa kembali.

Sayangnya sudah berhari-hari ditunggu, tidak ada uang yang kembali.

Setelah saya mengirim tiket untuk meminta uang kembali, jawabannya hanya mengulur-ulur waktu. Mungkin agar periode garansi uang kembali nya terlewati. (Entahlah)

Jika seperti ini apakah yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan uang kembali:

1. Apakah komplain melalui Paypal (media pembayarannya) ?
2. Jika melalui Paypal, apakah pasti uang saya bisa kembali ?
3. Jika tidak melalui Paypal, maka apakah ada jalan lain ?

NB: Nilai uang memang tidak besar, hanya sekitar 100 ribu. Tetapi uang tetap uang, dan rasanya dikadalin kan gimana gitu lho.

Mohon saran dan masukannya ya.

Sejauh pengalaman saya menjadi user, jika kasus demikian... fokus utama adalah WEB HARUS UP!!!. Oleh karena itu, sambil menghubungi Technical Supportnya (dengan cara apapun), segera pindahkan hosting di tempat lain yang sekiranya lebih terpercaya (terutama dalam hal technical supportnya).

Lalu pertanyaan berikutnya adalah "bagaimana dengan domain?" Apabila domain dibeli dari penyedia layanan yang sama dengan layanan hosting dan sekiranya NS masih bisa dirubah, silahkan dirubah saja menuju ke server baru/lainnya.

Namun, apabila tidak dapat merubah NS (alias gak dikasih Domain Manager - WHMCS/LogicBox/etc.), satu2nya harapan yang menunggu pihak penyedia layanan untuk bisa dihubungi. Atau, alternatif terakhir adalah... register domain baru di tempat lain.

waduh tempat saya jadi merasa ikut kategori tersebut :39:

Tenang om... hehehehe jangan suudzon... katanya hoster yang baik harus berpikiran positif ^_^ :)
 
Sejauh pengalaman saya menjadi user, jika kasus demikian... fokus utama adalah WEB HARUS UP!!!. Oleh karena itu, sambil menghubungi Technical Supportnya (dengan cara apapun), segera pindahkan hosting di tempat lain yang sekiranya lebih terpercaya (terutama dalam hal technical supportnya).

Lalu pertanyaan berikutnya adalah "bagaimana dengan domain?" Apabila domain dibeli dari penyedia layanan yang sama dengan layanan hosting dan sekiranya NS masih bisa dirubah, silahkan dirubah saja menuju ke server baru/lainnya.

Saya "cukup beruntung" (katakan saja demikian) karena setelah dapat detail account-nya, baru juga mau "kenalan" dng Cpanel-nya, eh itu server sekarat.
Jadi ya belum sempat apa-apa, jadi notabene belum pindahan ke server web hosting tsb.

Untuk nama domain, aman Tuan. Karena baca2 nasehat2 master2 di forum2, maka saya daftar domain langsung lewat registrar, tidak lewat penyedia jasa web hosting.

set dah... gede amattt.... 5GB buat apa-an tuh :D .
Rp 100rb dapet Space 5GB bandwith 100GB. mantab benerrrrr :)

lebih tepat bukan hosting murah, tapi hosting kacang goreng :21:

Itulah Tuan, saya juga tergiur awalnya.... Mantap nih 5GB bisa diisi macam2.... Tapi setelah itu bingung... Mau diisi apa?..... Wkwkwk....

Hosting kacang goreng itu artinya bagus atau jelek ya?
Hosting yg laris manis gitu ya?
Atau hosting kacangan (murah dan jelek)?
 
Saya "cukup beruntung" (katakan saja demikian) karena setelah dapat detail account-nya, baru juga mau "kenalan" dng Cpanel-nya, eh itu server sekarat.
Jadi ya belum sempat apa-apa, jadi notabene belum pindahan ke server web hosting tsb.

Untuk nama domain, aman Tuan. Karena baca2 nasehat2 master2 di forum2, maka saya daftar domain langsung lewat registrar, tidak lewat penyedia jasa web hosting.



Itulah Tuan, saya juga tergiur awalnya.... Mantap nih 5GB bisa diisi macam2.... Tapi setelah itu bingung... Mau diisi apa?..... Wkwkwk....

Hosting kacang goreng itu artinya bagus atau jelek ya?
Hosting yg laris manis gitu ya?
Atau hosting kacangan (murah dan jelek)?

wauh kalau itu murahnya kebangeten deh mas, saya cepek aja limit cuman 300 MB :39:

ehhh jangan salah, ada lho kacang mahal .. :24:
 
jika benar demikian keadaannya, saran saya sih pindah saja. uptime dan stabilitas server hal yang sangat penting bagi suatu website.

tentang money back guarantee, saya pernah ada pengalaman, karena hal ini bagi saya pribadi adalah hal yang penting. pernah saya order DS di salah satu provider, karena sesuatu hal akhirnya saya memutuskan untuk mengcancel. CSnya sempat minta maaf dan membujuk supaya saya tetap langganan, tapi karena sudah order di tempat lain ya saya tetap minta cancel. alhamdulillaah sih langsung di refund 100% uang saya :)
 
wauh kalau itu murahnya kebangeten deh mas, saya cepek aja limit cuman 300 MB :39:

:doh: Pengalaman nih Mas.... Kacang-nya keras, bikin sakit gigi....
Lain waktu kalau cari web hosting, saya akan lebih hati-hati nih.....

jika benar demikian keadaannya, saran saya sih pindah saja. uptime dan stabilitas server hal yang sangat penting bagi suatu website.

tentang money back guarantee, saya pernah ada pengalaman, karena hal ini bagi saya pribadi adalah hal yang penting. pernah saya order DS di salah satu provider, karena sesuatu hal akhirnya saya memutuskan untuk mengcancel. CSnya sempat minta maaf dan membujuk supaya saya tetap langganan, tapi karena sudah order di tempat lain ya saya tetap minta cancel. alhamdulillaah sih langsung di refund 100% uang saya :)

Sudah hubungi pihak web hosting, itu refund-nya gelap gulita.
Akhirnya dispute ke Paypal, ini masih tunggu dan tunggu proses-nya. Semoga duit saya bisa balik. :)
 
hihihihi... makanya kalo mau makan kacang goreng... pastiin giginya gak bolong... berabe kan kalo kacangnya keras..?? heheheh

pelajaran bagus tuh... pastikan dulu penyedia layanan itu benar2 bisa mempertanggung jawabkan layanan.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top