Perlindungan bagi customer web hosting


Status
Not open for further replies.

GriyaKuliner

Apprentice 1.0
Selamat Malam Master-Master,

Saya ingin bertanya nih.....

Sekitar 1-2 minggu-an yang lalu saya order sebuah paket shared web hosting kecil.

Awalnya saya tertarik order karena pihak web hosting memang sedang ada promosi, sehingga bisa dapat diskon 50% life time.

Sayangnya setelah di order, apa yang di dapat kan mengecewakan, misalnya:

1. Server down selama berjam-jam, kalau nggak salah sekitar 6-10 jam, dan tidak ada penjelasan apapun juga, bahkan setelah up lagi.
Setelah saya kirim tiket, cuma dijawab ganti IP.

2. Support yang dijanjikan 24 jam sehari, dengan waktu respon rata-rata 15-30 menit, dan paling lama 1-2 jam, ternyata tidak terbukti.
Tiket awal memang jawaban sekitar 3 jam, setelah itu karena masih harus ada follow up, maka saya reply, nah ini mulai bermasalah. Jawaban sekitar 24-48 jam, bahkan juga tidak dijawab.

Akhirnya karena merasa apa yang dijanjikan tidak sesuai kenyataan, maka saya meminta cancel account web hosting tersebut.

Account tersebut tidak pernah digunakan, karena server down berjam-jam tanpa penjelasan, dan juga masalah teknis tidak terselesaikan, jawaban lama sekali dan terkesan cuma mengulur waktu.

Karena pihak web hosting menjanjikan money back guarantee, maka saya berharap uang saya bisa kembali.

Sayangnya sudah berhari-hari ditunggu, tidak ada uang yang kembali.

Setelah saya mengirim tiket untuk meminta uang kembali, jawabannya hanya mengulur-ulur waktu. Mungkin agar periode garansi uang kembali nya terlewati. (Entahlah)

Jika seperti ini apakah yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan uang kembali:

1. Apakah komplain melalui Paypal (media pembayarannya) ?
2. Jika melalui Paypal, apakah pasti uang saya bisa kembali ?
3. Jika tidak melalui Paypal, maka apakah ada jalan lain ?

NB: Nilai uang memang tidak besar, hanya sekitar 100 ribu. Tetapi uang tetap uang, dan rasanya dikadalin kan gimana gitu lho.

Mohon saran dan masukannya ya.
 
Apakah TOS nya tertulis money back guarantee ?
jikalau iya, berarti mas bisa meminta money back nya..

jalan akhir, jikalau memang belum terima money back, mungkin bisa open dispute melalui paypal..
apakah menang atau tidak, cuman paypal yang tau..

mungkin bisa coba hubungin pemilik hostingnya dulu.. mungkin hanya masalah komunikasi saja..

Selamat Malam Master-Master,

Saya ingin bertanya nih.....

Sekitar 1-2 minggu-an yang lalu saya order sebuah paket shared web hosting kecil.

Awalnya saya tertarik order karena pihak web hosting memang sedang ada promosi, sehingga bisa dapat diskon 50% life time.

Sayangnya setelah di order, apa yang di dapat kan mengecewakan, misalnya:

1. Server down selama berjam-jam, kalau nggak salah sekitar 6-10 jam, dan tidak ada penjelasan apapun juga, bahkan setelah up lagi.
Setelah saya kirim tiket, cuma dijawab ganti IP.

2. Support yang dijanjikan 24 jam sehari, dengan waktu respon rata-rata 15-30 menit, dan paling lama 1-2 jam, ternyata tidak terbukti.
Tiket awal memang jawaban sekitar 3 jam, setelah itu karena masih harus ada follow up, maka saya reply, nah ini mulai bermasalah. Jawaban sekitar 24-48 jam, bahkan juga tidak dijawab.

Akhirnya karena merasa apa yang dijanjikan tidak sesuai kenyataan, maka saya meminta cancel account web hosting tersebut.

Account tersebut tidak pernah digunakan, karena server down berjam-jam tanpa penjelasan, dan juga masalah teknis tidak terselesaikan, jawaban lama sekali dan terkesan cuma mengulur waktu.

Karena pihak web hosting menjanjikan money back guarantee, maka saya berharap uang saya bisa kembali.

Sayangnya sudah berhari-hari ditunggu, tidak ada uang yang kembali.

Setelah saya mengirim tiket untuk meminta uang kembali, jawabannya hanya mengulur-ulur waktu. Mungkin agar periode garansi uang kembali nya terlewati. (Entahlah)

Jika seperti ini apakah yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan uang kembali:

1. Apakah komplain melalui Paypal (media pembayarannya) ?
2. Jika melalui Paypal, apakah pasti uang saya bisa kembali ?
3. Jika tidak melalui Paypal, maka apakah ada jalan lain ?

NB: Nilai uang memang tidak besar, hanya sekitar 100 ribu. Tetapi uang tetap uang, dan rasanya dikadalin kan gimana gitu lho.

Mohon saran dan masukannya ya.
 
Apakah TOS nya tertulis money back guarantee ?
jikalau iya, berarti mas bisa meminta money back nya..

jalan akhir, jikalau memang belum terima money back, mungkin bisa open dispute melalui paypal..
apakah menang atau tidak, cuman paypal yang tau..

mungkin bisa coba hubungin pemilik hostingnya dulu.. mungkin hanya masalah komunikasi saja..

Wah kelihatannya repot deh ini.
Saya baca-baca TOS-nya, ternyata keterangan money back guarantee tidak disebutkan sama sekali.
Keterangan money back guarantee hanya tertera di web-nya saja.
Apakah ini artinya tidak valid money back guarantee-nya ya?

Iseng-iseng saya bandingkan dengan web hosting lain yang saya pakai, dan ternyata semua informasi money back tertera jelas di TOS.

Waduh.... Waduh......

Kalau tidak salah di detail transaksi paypal ada menunya untuk membatalkan transaksi, tapi kecuali pembyaran sebagai utang atau bagi hasil mungkin ga ada menunya. CMIIW

Saya lihat untuk membatalkan transaksi tidak ada.
Yg ada adalah untuk melakukan dispute (Mungkin maksudnya komplain kali ya?).
 
NB: Nilai uang memang tidak besar, hanya sekitar 100 ribu. Tetapi uang tetap uang, dan rasanya dikadalin kan gimana gitu lho.

Itu 100rb untuk pembayaran tahunan atau bulanan ?
kalau tahunan termasuk murah :D
Intinya seh kalau emang webnya di gunakan untuk bisnis bukan buat main main, jangan ngorder hosting murahan.... space/bandwidth besar harga murah :)
saya sendiri make share hosting seharga $30 / tahun... sudah 1 tahun lebih make nih hosting aman selalu jarang down dan jarang outage :) .
 
Itu 100rb untuk pembayaran tahunan atau bulanan ?
kalau tahunan termasuk murah :D
Intinya seh kalau emang webnya di gunakan untuk bisnis bukan buat main main, jangan ngorder hosting murahan.... space/bandwidth besar harga murah :)
saya sendiri make share hosting seharga $30 / tahun... sudah 1 tahun lebih make nih hosting aman selalu jarang down dan jarang outage :) .

Maaf nih keterangannya nggak lengkap.
100ribu untuk per tahun. :)
100ribu itu hosting murahan ya?...... Ooops.... Salah pilih nih kalau gitu.........
 
Maaf nih keterangannya nggak lengkap.
100ribu untuk per tahun. :)
100ribu itu hosting murahan ya?...... Ooops.... Salah pilih nih kalau gitu.........

Gak murahan... lebih tepatnya murah :D
Sebelum memilih hosting, baca baca review dari hoster yang akan dipilih. di google dulu... :)
lebih baik pilih share hosting yang biayanya gak murah dan gak mahal, jadi sedang sedang saja seperti lagunya vety vera kekeke
 
Mungkin perlu dikoreksi juga, bukan dari 100rb nya tapi "dapat apa" dengan 100rb tadi. Kalau 100rb/tahun = space 10MB BW 1000MB ini termasuk murah apa mahal.. :D

@TS,
Yang saya tangkap adalah anda baru order paket shared hosting dan baru jalan beberapa hari mendapat kekecewaan
1. Server down tanpa ada info pemberitahuan
2. Reply ticket yang lama..

Ya sudah, pindah saja sekarang juga... saya siap menampung kok ... heheheh becanda mas...

Begini, kalau saya menilainya anda terlalu gegabah dalam menyatakan kekecewaan terhadap provider tersebut, mungkin akan lebih bijak jika mas griyakuliner memberikan kesempatan terlebih dulu kepada provider tersebut agar benar2 bisa menilai bagus dan tidaknya layanan yang diberikan setidaknya setelah mencobanya dalam kurun waktu yang pantas untuk bisa menilainya.
Bukannya order baru berjalan selama 1 minggu?? coba bersabar saja dulu karena bisa saja provider yang bersangkutan kebetulan sedang maintenance servernya sehingga sibuk dengan urusan server sehingga ticket responnya lama. Apalagi ada info kalau ada pergantian IP maka bisa jadi mereka baru saja migrasi atau upgrade server.

Mohon maaf mas bukan bermaksud menggurui, Manis di depan belum tentu manis di kemudian hari. Sebaliknya Pahit di depan belum tentu akan pahit terus-terusan ... :)

So... kasih kesempatan dulu lah buat mereka, tapi entahlah kalau mas griyakuliner "mengejar periode" money guarantednya :)
 
Sebaiknya sebelum melakukan permintaan ganti rugi supaya kontak mereka terlebih dahulu, supaya mereka tahu dan tidak kaget kalau mendapatkan proses dispute dari PayPal. Dan sebaiknya gunakan dispute kalau memang tidak ada kejelasan, jangan seperti order domain via PayPal lalu dispute, itu tidak baik/benar, kasihan pihak penjual. :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top