buat hal ini saya rasa biznet sudah cukup "gentle" untuk mengakui kendala ini merupakan kesalahan pihak biznet dan pihak biznet juga sudah memberikan kompensasi terhadap pelanggan yang dirugikan ,bahkan mereka dengan "berani" sudah memberikan pemberitahuan kompensasi disertai dengan kronologi kejadian yang lumayan lengkap hehe
pelajaran yang bisa kita petik adalah kita sebagai pelanggan atau pengguna jasa dc pun juga alangkah baiknya juga punya plan cadangan kalau terjadi kendala serupa kejadian biznet dc ini yang mungkin bisa di kategorikan server/hardware malfunction ,karena menurut keterangan biznet juga ketika terjadi kendala kelistrikan seluruh perangkat pihak dc dan management service seluruhnya reboot cmiiw
tau sendirikan rebootnya sama sync ulang perangkat seperti itu perlu berapa lama hehe..kalau dari kronologi biznet server mereka up lagi setelah reboot kurang lebih 1 jam baru tersinkronasi/up seluruhnya,
plan cadangannya bisa jadi punya backup server di dc yang berbeda tempat,di indonesia kan banyak tuh dc di kota kota besar ,kayak di surabaya ada omadata di intiland,ada gubeng dll
intinya kita sebagai pengguna jasa selain menuntut pelayanan yang maksimal ke penyedia jasa ,kita juga harus tetap memikirkan tindakan-tindakan pencegahan jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
dulu waktu dc perusahaan tempat saya kerja yang di luar negeri terancam terkena badai el nino ,langsung tuh tim di kumpulin semua buat prepare pengamanan data dan pindahan jalur data ke dc backup ,meskipun pihak dc sudah bilang kalau infrastruktur mereka aman ,tapi yaahhh kita mah was was sama kejadian terburuk