Hi, teman-teman
Klarifikasi Satelitweb.com
Pertama, kita berterima kasih terhadap pihak ode*ng*an.com yang sudah mempercayakan jasa pembuatan websitenya di Satelitweb serta kawan-kawan DWH yang sudah memberikan kritik dan saran bahkan mungkin cacian, tapi itu semua kita sadari untuk menjadikan Satelitweb jauh lebih baik lagi ke depannya….
Memang, hak kita semua untuk memberikan penilaian dan kesimpulan pada akhirnya, tetapi ada hak Satelitweb juga untuk memberikan klarifikasi karena tidak semua di sini tahu awal mulanya.
Cerita dimulai dari sini, yang tentunya sudah dipersingkat.
Pihak ode*ng*an.com meminta Satelitweb untuk membuatkan website seperti slrclub.com dengan harga yang belum sesuai atau katakanlah tidak mungkin, lalu kemudian kita negosiasi harga yang akhirnya dipilih jalan tengah, yang mana dari pihak kami menyesuaikan pelayanan dengan budget yang dimiliki dengan sebelumnya membaca TOS yang ada di Satelitweb. Setelah itu terjadilah DEAL proyek.
1 Minggu Pertama
1 minggu pertama, kami menerima desain yang dimilikinya via email yang harus dibuat dengan desain dia seperti ini :
View attachment 3429
Dan konten yang diberikan di ms word berupa kata-kata untuk halaman websitenya beberapa halaman. Tidak detail, tapi kami pikir setelah website selesai, itu bisa diupdate atau revisi minor. Minggu awal kita serahkan hasil kerja mentah kita, lalu dia MENYETUJUI. (kalau menurut kita mau mundur seharusnya dari sini). Karena berhubung pihak menyetujui dan berkata “oke” jadi kita lanjutkan.
SELESAI DI BULAN PERTAMA
1 bulan selesai, kita bilang langsung publikasikan pak, dan mereka berkata, “oke.” Di tengah jalan mungkin karena terjadi PERUBAHAN SELERA, yang tadinya sudah bisa dikatakan fix, malah meluas ke mana-mana, bahkan kami pikir itu sudah sesuai dari kesepakatan awal. Dia pun menyetujui dengan custom phpbb yang penting senyamannya saja.
Bulan-bulan selanjutnya
Sampai di sini mereka minta revisi lagi, okeeee karena kami masih merasa masih ada tenaga, kita lanjutkan revisi.
Beberapa kali revisi, terjadi kata “oke udah bagus, mas” tinggal ininya, itunya aja, mas.
View attachment 3427
Tapi tetap, kita lanjutkan dengan REVISI-REVISI selanjutnya bahkan akhirnya dia mengirimkan revisi via video, kita sudah sesuaikan persis seperti di dalam video yang sudah sesuai.
Kesimpulannya,
Tapi kami tetap layani dan bertanggungjawab dan ingin mendapatkan kepuasan pelanggan, tidak ada niat atau istilah mengabaikan, bahkan kita layani via chat WA, telpon, sampai malam-malam pun dengan sangat responsive, tidak hanya via ticket meskipun hal teknis, tapi karena sepertinya klien kami kali ini sangat mengiginkan mirip 100 persen dengan slrclub.com, di ujung kejadian ini mereka tidak mau puas, kita berpikir dari awal budget tidak mungkin karena disesuaikan, tapi minggu kita mengalah intinya niat kita ingin menjadikan situs itu akan diubah total menjadi seperti slrclub namun mohon diberi waktu, tapi hanya 1 minggu. Kami bilang tidak bisa kalau 1 minggu.
Akhirnya, karena kita paham bahwa mereka mengeluhkan rugi waktu (lama karena menunggu sempurna) walau sebenarnya kita juga rugi waktu, tenaga, pikiran yang sebenarnya dari 1 bulan awal kita pikir sudah selesai sesuai BUDGET yang disepakati di awal.
Bahkan saking kita bertanggungjawabnya kepada kepuasan klien yang tidak ada habisnya, minggu terakhir kita bilang 2 pilihan uang kembali dan kita mengalah untuk merubah total seperti slrclub.com persis 100%. Lalu jawabannya, bisa asal 1 minggu.
1 minggu??? Kita bilang dengan tegas tidak bisa!
Sampai pada akhirnya kita yang tidak bisa sanggup lagi ngimbangi, dan kita adu argumen, bahkan kita bilang datang ke tempat usaha kami pak, bapak bisa ngobrol lebih jauh sambil melihat-lihat apa yang kami kerjakan agar lebih jelas dan enak. Terakhir karena tidak ada solusi maka kita sampai di titik pengembalian dana dengan mengembalikan uang dengan ketentuan:
1. Pertama karena kita juga menghabiskan waktu, pikiran, tenaga, dan uang untuk ini maka kita berikan 60% dari total uang yang masuk bahkan kita pekerjakan 2 programmer khusus.
Dan itupun sudah disetujui dia pribadi, namun dia mau bicarakan dulu ke tim mereka untuk memastikan, jadi kita tunggu. Eh, ternyata beliau bikin thread di sini.
Tapi kita sudah selesaikan dengan pihaknya via japri. Intinya kita berusaha ingin yang terbaik bagi klien tapi kita semua di Satelitweb manusia dan meminta maaf apabila telah terjadi kesalahpahaman.
Ini hasil akhirnya dengan slrclub.com yang sudah melewati beberapa revisi yang padahal dari awal tidak disebutkan fitur-fitur minornya.
HASIL
View attachment 3427
Demikian informasi ini disampaikan.Itu awal mulanya dan yang perlu juga diketahui ya, penilaian akhir kembali lagi kepada hak rekan-rekan semuanya.
Terima kasih, teman-teman semuanya
Agung - Satelitweb.com