Kebetulan mau concern dan build website or blog lagi, saya saat ini bisa dibilang di depan pc terus, dan saya tiap saat cek ke situs sy yg down, dan udah 3 kali saya temuin lagi down, bahkan 2 kali saya pas lagi update blog tsb ............ cek di windu.id ya Tuan ,,,,, maklum sy newbie
Bukan begitu tuan, kita perlu Tools pihak ketiga agar bisa menjadi "pihak penengah" antara kita dengan hosting provider sebagai bukti bahwa memang terjadi Down yang kita "tuduhkan".
"Kita" maksudnya "Client/Customer".
Agar kesannya tidak asbun, no proof/gk ada bukti, itu berbahaya, apalagi ini forum terbuka. Saya pernah asbun tuan sampai jadi masalah yang track record nya abadi di Internet, saya pun harus hidup dengan itu
Sebenarnya yang namanya Down, itu wajar terjadi, tapi jika memang Garansi Uptime dari Hosting Provider memang 99,99%, seharusnya ada SLA (Service Level Agreement) yang didalamnya ada Restitusi/Kompensasi jika terjadi Downtime dalam kurun waktu tertentu. Agar Garansi itu tidak cuma klaim semata, dan bentuk garansinya lebih jelas jika dijelaskan di SLA. Ada yang mengkompensasi dengan menambahkan masa aktif hosting, ada yang refund ke balance client area, dsb
Saya pernah mengalami Downtime sampai 5 Jam !, di salah satu Hosting Provider.
Dan sesuai SLA, Downtime itu diganti dengan Balance/Credit di Client Area sebesar 25% dari Biaya Hosting Bulanan yang saya bayar, karena 1 Jam Down = 5% Refund ke Deposit Client Area.
Tapi seperti Garansi pada umumnya, kita sebagai Client/Customer-lah yang melakukan Klaim agar hak kita itu bisa dipehui oleh Provider bersangkutan.
Dengan SLA, Bukti dari Uptime Monitoring pihak ke-3, maka akan terwujud Win-win Solution, dan tidak akan ada Customer yang komplain ke Forum DWH (CS Ke-2 semua Hosting Provider di Indonesia), karena masalah akan selesai melalui Jalur Privasi
SLA juga bikin Provider gk main-main dengan Uptime (Quality Control), gk akan gegabah melakukan tindakan tertentu yang menyebabkan Downtime karena kesalahan pihak mereka sendiri, karena bakalan bayar kompensasi Downtime
Akan menjadi masalah jika sudah dikasih Kompensasi atas Downtime yang terjadi, tapi masih koar-koar "Disitu sering Down loh !"
Saya cek, windu.id dalam keadaan Up kok, tapi load time saat saya akses cukup lama hingga website terbuka penuh (tapi gk sering terjadi), coba lebih teliti lagi, apakah Down yang terjadi itu sebelumnya ada pengumuman dari Hosting Provider ?, misalnya untuk Maintenance, Upgrade, dsb
Dan jika Web Hosting menggunakan CloudLinux, biasanya Down bukan karena Server yang Down, tapi Resource yang mencapai Limit, misalnya CPU Usage, Memory Usage, I/O, IOPS. Biasanya kalau Down yang terjadi sering tapi tidak lama, itu akibat Resource Limit ini.
Sebaiknya, problem yang masih ongoing jangan buru-buru publish ke public tuan