Email provider di jaringan IIX. Terkait delayed mail.


Status
Not open for further replies.
Pernah ada kasus serupa. Tp coba diriset digoogle "optimize exim sending performance" atau "speed up email sending process"
  1. Dari referensi, yang saya 'tangkap': Spek VPS or server mempengaruhi, biasanya di RAM atau swap (ram disk) harus cukup (ini kayanya utk menampung spool)
  2. Dari pengalaman, menggunakan Cpanel Exim, Memori berperan 'cukup', prosesor berperan 'sangat besar'. Jadi butuh resource prosesor yang mumpuni.
  3. Dari pengalaman lagi, dengan email per hour kira2 6000 - 9000. Memori 2 GB sudah cukup. Tetapi load rata2 harian dikisaran 0.9 - 1 dengan 2 vCPU (peak bisa sampe 3 atau lebih -beberapa kali terjadi). Sending average 100 mail/menit. Server Non-IIX (server di Eropa)
  4. Failure yang sering terjadi, terlihat dari log exim: adalah beberapa kali timeout, seperti RTO (domain tidak bisa diresolve). Selidik punya selidik (tadinya berpikir apakah resolvernya error, dll) ternyata kesimpulannya 'resource'nya saja yang harus dimaksimalkan. Nah setelah resource CPU optimal semua berjalan dengan baik dan lancar.
  5. Apa sih resource optimal? Kalau di kita biasanya kita kasih Dedicated CPU (abusives CPU, jadi CPU boleh dipake bebas), tanpa limit.
  6. Setting Exim lainnya. Frozen after 48 hours deleted. Maximum retry 48 hours then deleted. Jadi mail queue gak kelewat banyak (bisa sampe 12000 normatifnya -ini klien luar biasa tp ada email blast yang lebih gila lagi ;) hehehe) Ada beberapa setting retry exim yang kita adjust juga.
  7. Nah dalam waktu dekat kalau ada kesempatan kita akan coba juga di IIX, tetapi dengan logika yang sama harusnya: gak akan ada masalah yah.
  8. Ohya tambahan informasi, semua IP yang digunakan untuk sending email, CLEAN (non SPAM listing), Skor mail-tester 10 out of 10. Jadi hipotesisnya: seharusnya sih IIX juga gak ada masalah.
  9. Hipotesis lain: jalur/bandwidth IIX ke IX itu kan 'agak sempit' (dan ajrut2an) nah mungkin ini yang jadi bottleneck/kendala (retry dan queue nya kebanyakan nanti -jd akibatnya server/VPS terbebani krn harus retry mulu dan numpuk tuh). Sedangkan mayoritas pengguna email adalah gmail dan yahoo (yang mana ada diluar). Jadi solusi, saran lain: apa gak sebaiknya untuk server berkaitan dengan email ini ditaruh diluar? Kita sih saranin klien diluar bukan karena error, tp jg krn faktor harga kali ya (lebih murah, wong cuman utk email doank).;)
 
Last edited:
Pagi Tuan,

Begini,
Beberapa klien saya mengalami masalah dengan email yg sampainya di gmail mereka, delayed.
Padahal isinya penting dan harus dibuka secepatnya.
Problemnya menurut sy, ini karena sender emailnya dari jaringan IIX, dikirim ke gmail. 15 menit kadang lebih baru sampai. Kadan jg cepet, tp seringnya, delayed.

Pertanyaannya,
Ada g sih, provider email, dimana mail servernya sdh berada di jaringan IIX? plasa.com ?
Klo g ada, apa ada Tuan2 disini yg menerima job sewain mail server + maintenance?


Trims.


soal lemot bukan salah di jaringan IIX juga... mungkin memang pihak host email Tuan saja yg agak bermasalah pada mail servernya...

paling gampang ngecek MX record mail servernya masuk dalam daftar seperti spamhaus atau tidak?

kalo ga salah ada web tool (saia harus refresh ingatan dulu) yg bisa ngecek MX apakah bermasalah seperti slow respond atau masuk daftar spam..

pengalaman saia dulu hosting di ISP untuk mail kantor yg user-nya sampai puluhan, ga ada masalah dengan delay.. jadi saran saia kalau bisa pakai email dari ISP..
 
Pindah server ke luar negeri (SG/US/EU, dll) bisa menimbulkan masalah baru. Yg pernah saya temui adalah lambatnya dari komputer penguna ke mail server. Ini kasusnya di kantor yg bandwitdh internasional nya kecil dan sharing dg banyak orang lagi. Apalagi kalau suka kirim attachment besar. Memang begitu sudah sampai ke mail server, sampainya ke Gmail, yahoo, dkk lebih cepat. Tapi kalau email tujuannya di IIX ada kemungkinan lambat juga sampainya.

Jika terkait bandwith, pilihannya pakai server di IIX dengan bw int yg cukup atau server di luar negeri dengan bw int di kantor yg cukup.
 
Pindah server ke luar negeri (SG/US/EU, dll) bisa menimbulkan masalah baru. Yg pernah saya temui adalah lambatnya dari komputer penguna ke mail server. Ini kasusnya di kantor yg bandwitdh internasional nya kecil dan sharing dg banyak orang lagi. Apalagi kalau suka kirim attachment besar. Memang begitu sudah sampai ke mail server, sampainya ke Gmail, yahoo, dkk lebih cepat. Tapi kalau email tujuannya di IIX ada kemungkinan lambat juga sampainya.

Jika terkait bandwith, pilihannya pakai server di IIX dengan bw int yg cukup atau server di luar negeri dengan bw int di kantor yg cukup.

kalau yang sering saya temui, orang menyangka kirim email itu semudah klik send saja, jadi tidak memperhitungkan faktor diatas,
misal upload 10 atau 15MB, perlu waktu kan dari client ke server, terlebih mereka pakai speedy atau mobile isp, orang nyangkanya begitu send langsung sampai :))
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top