Berapa lamakah rata-rata server down?


Status
Not open for further replies.
...... .... ....

Yang saya tanyakan kepada para hoster:
  • kira-kira berapa lama proses pergantian server, backup, dan restore? mungkin pernah ada yang mengalami kasus seperti ini?
    ..... ..... ......
... ..... ..... ....
Tergantung tingkat kesulitan dan kemampuan CS-nya masing masing br0.
 
@TS, hanya bisa ikut prihatin .... semoga masalahnya cepat/sudah beres.
Sekali lagi ini pelajaran berharga buat kita semua ...

@Client, sudah menjadi 'kewajiban' untuk mempunyai backup sendiri secara periodik sehingga pada kejadian yang terburuk (misalnya daily backup, external backup maupun remote backup-nya hoster, semua tidak bisa digunakan dg berbagai alasan!) maka client masih punya backup dan bisa ambil keputusan misalnya pindah ke provider lain atau minta dipindahkan ke server lainnya ....

@hoster (termasuk saya .... hehehehee), mungkin memang tidak mudah kalau case-nya adalah mengharuskan ganti server baru sementara server cadangan tidak tersedia. Kalau process recovery butuh waktu > 48 jam maka menurut saya kemungkinan server lama tidak lagi bisa digunakan. Jadi mungkin butuh waktu utk order server, untuk install ulang, dll. Mungkin ini juga perlu dipertimbangkan oleh para provider utk tidak menempatkan data terlalu besar atau jumlah account terlalu banyak dalam 1 server sehingga process restore akan lebih cepat dan yang komplaint lebih sedikit.
 
@Hoster
TS mengucapkan buanyak-buanyak terimakasih telah membantu atas saran dan nasehat yang (bukan mungkin tapi sangat) berguna khususnya saya dan client se server sama saya. saya baru nongol lagi, tadi bentar pulkam, baru dateng pas jam 02.10 Waktu Endonesa Bagian Komputer saya. Walau blon ada annoucment tapi pas saya cek IP trus masuk ke cpanel Alhamdulillah Lancar, bisa masuk. Tapi saya blon liat data. (Mudah-mudahan gak berubah)

@Client se server sama saya
Semoga diberi ketabahan yang luar biasa. Nasehat Om 1stserver sangat bagus dan patut dilaksanakan. :1:

@Momod
Kalau menurut momod perlu di Close silahkan. saya sih udah tenang.

@All
Mari berdo'a bersama-sama, mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti ini dalam perhostingan di Indonesia. Amiiin
 
=== BAHASA INDONESIA - FOR ENGLISH READ BELOW ===

Pelanggan YTH:


Terima kasih atas kesetiaan Anda memilih Murah-Banget.Com sebagai penyedia layanan web hosting dan registrasi domain Anda, beberapa hari yang lalu server Indonesia mengalami masalah pada saat upgrade seperti yang telah kami sampaikan secara berkala beritanya di http://www.murah-banget.com/support/alert/ . Hal tersebut merupakan peristiwa terburuk yang baru kami alami selama beberapa tahun mengelola server.
Kekhawatiran dan kecemasan tentunya dialami semua pihak, terutama mengenai keselamatan data dan operasional website maupun email, tentunya kami mengerti akan hal tersebut dan mencari solusi dan prioritas terbaik untuk hal tersebut, sehingga server Indonesia kembali online tepat pada pukul 22.00 WIB tanggal 30 Oktober 2011 . Berikut ini kronologis singkat mengenai down time yang terjadi pada server Indonesia.
1. Dijadwalkan dilakukan maintenance untuk proses upgrade server dan system backup yang diperkirakan selesai pada pukul 22:00 WIB tanggal 24 Oktober 2011.
2. Telah dilaporkan oleh tim teknis bahwa terjadi kegagalan pada saat proses upgrade yang menyebabkan server Indonesia beserta system backup lokal mengalami kerusakan total akibat diduga terjadinya hubungan arus singkat pada salah satu komponen server.
3. Penggantian unit baru secara utuh untuk server Indonesia beserta system backup terlaksana dalam waktu 48 Jam kemudian.
4. Tidak ada solusi backup lokal yang dapat kami gunakan untuk proses restore dikarenakan system backup lokal juga mengalami kerusakan, sehingga terpaksa kami men-download file image server yang berada di server backup luar negeri dengan data sebesar 1.2TB , dengan kondisi koneksi internet kami yang kurang stabil sehingga menyebabkan proses download berlangsung cukup lama hingga 96 Jam.
5. Proses restore image backup server juga mengalami beberapa kali kegagalan dikarenakan perbedaan sector pada drive baru, sehingga dengan dengan terpaksa kami menggunakan metode restore image tanpa proses restore sector dan cara inilah yang paling cepat dilakukan agar server Indonesia segera online, namun ada sedikit resiko yang dialami, yaitu terjadinya lost beberapa file yang berbeda sector, tetapi kami menjamin keamanan file tersebut, Anda dapat informasikan dengan jelas kepada kami nama file yang tidak ditemukan pada account Anda, agar dapat kami lakukan pencarian pada image backup server.
6. Kami tetap memprioritaskan pelayanan pelanggan dan memberikan kompensasi bagi Anda yang terkena dampak kerugian akibat downtime server Indonesia sesuai dengan perhitungan SLA 99% yang akan dapat di claim terhitung sejak pengumuman ini disampaikan .


Demikian informasi ini kami sampaikan, mohon maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi.
Thanks,
Support Department


=== ENGLISH - UNTUK BAHASA INDONESIA BACA DIATAS ===
Dear Customer:

Thank you for your faithfulness choosing Murah-Banget.Com as your web hosting provider and domain registrar, a few days ago the server Indonesia experienced problems during the upgrade as we have stated in the news regularly http://www.murah-banget .com / support / alerts /. This is a new worst that we experienced for several years about managing the server.

Worry and anxiety experienced by all parties of course, particularly regarding safety and operational data website and email, of course we understand it and find the best solutions and priorities for them, so that Indonesia server online again at 22:00 pm on October 30, 2011. Here is a brief chronology of the down time that occurred on the server Indonesia.

1. Scheduled maintenance of upgrading servers and backup systems are expected to finish at 22:00 pm on October 24, 2011.

2. It has been reported by the technical team that there is a failure during the upgrade process which causes the server Indonesia and its local backup system suffered total damage caused by suspected occurrence of a short circuit on one of server components.

3. Replacement of a whole new unit for server Indonesia and system backup done within 48 hours later.

4. There is no local backup solutions that we can use for the restore process because the local backup systems were also damaged, so we had to download the image file server residing on the backup server abroad with 1.2TB of data, with the condition of our internet connection is less stable thus causing the download process take up to 96 Hours.

5. Backup image restore process server also experienced several failures due to differences in the sector on the new drive, so we must restore the image in forced mode without using the drive sector restore process and this is the fastest ways for server Indonesia to be online soon, but there is little risk is experienced occurrence of lost some files by different sectors, but we guarantee the security ana availibility of the file, you can clearly inform us the name of the file that are not found on your account, so that we can do a search on the server backup image.

6. We continue to prioritize customer service and give you compensation for the affected server downtime losses from Indonesia in accordance with the SLA calculation of 99% which will be on the claim as of the announcement is delivered.

Similarly, we convey this information, apologize for the inconvenience that occurred.

Thanks,

Support Department
 
Tengkiw om fauzi. Akhirnya muncul juga. saya yakin team murah-banget telah bekerja keras untuk menangani ini. saya juga yakin pasti banyak Client yang nyap-nyap tapi itu karena dia juga punya client yang lebih nyap-nyap ;)
Mudah-mudahan kedepannya jangan sampai ada kejadian yang serupa. Kalau kata bang Haji. Cukup satu kali kehilangan tongkat (Tapi tongkat saya gak mau kehilangan, bini saya bisa marah. hehehhe)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top