Berapa gaji untuk seorang CS hosting?


Status
Not open for further replies.
Mahal juga yah jadi CS gitu.. emang sih penuh kesabaran ngadepin client =_= apalagi kalau clientnya sedikit ngeselin... hehehhe
 
ada nilai prestasi
ada nilai disiplin
ada nilai skill dan kemauan untuk belajar serta nilai2 lain

nah, supaya sistem seperti ini jalan, semua harus terukur dan rerdokumentasi bro. misalnya semua pertanyaan harus masuk lewat support ticket, jadi kita bisa melacak performa dari personil bersangkutan.

oia bagi yang berpengalaman mengelola SDM banyak di perusahaan hostingnya, apa pernah menemui KUTU LONCAT (orang yang suka pindah-pindah dari hoster ke hoster) atau TUKANG BAJAK (hoster yang suka membajak personil hoster lain)?
 
Mahal juga yah jadi CS gitu.. emang sih penuh kesabaran ngadepin client =_= apalagi kalau clientnya sedikit ngeselin... hehehhe

klo mengingat harga2 kebutuhan hidup yg serba mahal sekarang .. klo umr atau range 1,4 - 1.5 ini standar kok menurut saya
karena klo dibawah 1 kasihan juga sih apalagi cs sudah berkeluarga untuk anak istrinya .

cuma semua dikembalikan lg sesuai kesepakatan kerja antara pemberi kerja dan si CS tadi, klo dia nda keberatan sih oke2 aja .
 
iya nih saya bingung banget,saya baru buka usaha web hosting,punya 2 CS,bingung gajinya begimana,soalnya pemasukan belum seberapa.kebetulan 1 cs itu temen saya,1 lagi adik saya :D
 
Kalau pada gak mau pusing, gimana kalau pakai jasa out-sourcing? Di USA sih banyak layanan out-sourcing customer support mulai dari server admin, helpdesk, phone support sampai live chat dan bayarnya sesuai banyaknya jumlah tiket yg dilayani atau dihitung berdasarkan jumlah pelanggan .... Jadi kita benar2 hanya konsentrasi pada sales/marketing saja.

Kalau di Indo saya rasa ada juga, cuma yang khusus untuk melayani industri webhosting belum pernah nemu sih .... Nah ini bisa juga jadi peluang bisnis baru, hayoo siapa yang mau memulai?
 
Sebenarnya banyak jalan menuju Roma utk masalah 'giving' ini. Dulu, kami diawal gunakan profit sharing. Namun kasusnya bukan langsung bisnis hosting sih. Kita dulu bikin web, 20 % nya ditabung. Menabung ini 3 tahun, syukurnya bengkak, dan disitulah kita mulai gaji bulanan. Standard nya UMR. Trus ada bonus sales dan insentif utk technical support, komunikasi, makan dan transportasi. Hal yg terakhir itu disesuaikan dgn kondisi kas perusahaan.

Kalau diawal sudah bisnis hosting, dikasih aja dulu profit sharing. Saya blum tahu formulasinya. Yang penting semuanya ikhlas menerimanya. Kasih target waktu 1-2 tahun untuk kondisi seperti itu. Utarakan semua secara transparan yang berkaitan dengan uang. Karena uang bisa menjadi hal yang sensitif. Saudara aja bisa berantem gara-gara itu hehehe.
 
Kalau menurut saya untuk lebih mudahnya sesuai dengan umr tempat dimana perusahaan itu berada, dimana tugas cs untuk melayani pertanyaan, biling dan bantu client sudah termasuk didalam jobdesk. lalu diusahakan setiap prosedur komplain dilakukan melalui ticket, sehingga dapat di track kinerja cs tersebut.

Jangan lupa juga untuk mendokumentasikan prosedur terkait penyelesaian masalah client. simpan itu dalam knowladge base internal. hal ini untuk mengantisipasi jika ada case yang terulang atau ada cs baru masuk jadi bisa belajar dari situ.

Lalu pikirkan pula terkait bonus / rewards / punishment. Perhatikan pula terkait THR dan jenjang karier dari CS tersebut seiring dengan perkembangan usaha.

Terima kasih.
 
Terus kalo bagian CS bagusnya ambil dari pendidikan apa ya? apa teknisi komputer? kan selain melayani pelanggan, mengatur server, biling gitu...
 
Terus kalo bagian CS bagusnya ambil dari pendidikan apa ya? apa teknisi komputer? kan selain melayani pelanggan, mengatur server, biling gitu...
kalau cs ini latar belakang semua jurusan bisa
cuma memang yang latar belakang komputer lebih disukai

yang penting orangnya komunikatif dan ga kaku
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top