iimi
Beginner 2.0
Saya baca forum ini bertujuan untuk memberi info yang bermanfaat bagi peningkatan mutu penyedia hosting di Indonesia tercinta. Jadi mudah-mudahan posting saya ini bermanfaat untuk itu. Sebetulnya dari kemarin ingin tulis disini, tapi supaya fair, sy komplain dulu ke MWN yang ternyata jawabannya...ya sudahlah.
Sebagai perkenalan dan latar belakang, saya profesional di bidang lain. Situs utama saya, ibrosys.com sudah di MWN sejak 2007, walaupun pernah gonta ganti domain dan saya beli lagi tahun lalu. Saya membuat website untuk eksistensi online, memberikan info dan supaya calon klien kenal saya lebih mudah. Kadang juga buat situs lain buat teman maupun untuk sekedar coba-coba. Untuk bidang web hosting, web programming dan sekitarnya, saya orang awam. Hanya bisa install joomla atau wordpress.
Menjadi pelanggan di mwn sejak 2007, ini ringkasan yang bisa saya buat:
2007 - 2017
Setia di MWN walaupun:
2017
Mendapat layanan pembanding
Karena satu alasan, saya menyewa juga hosting luar negeri (sebut saja xyz) untuk website yang lain. Harga lebih mahal sekitar 50%, memang. Ternyata, pelayanannya luar biasa. Ada masalah tinggal live chatting. Tak pernah saya mengalami live chat tak bisa terbuka lebih dari 1 menit, dan mereka menanganani dengan sangat manusiawi. Dan yang diluar dugaan saya, mereka mau membantu bahkan sampai masalah di aplikasi. Misalnya: Saran untuk menggunakan pluggin dsb.
2018
Mau pindah, tapi tak jadi
Ingin memindahkan website saya yang di mwn ke xyz. Sialnya baca artikel di mwn: Ada resiko hosting luar negeri itu lebih lambat dibuka daripada hosting dalam negeri. Maka tak jadilah saya pindah.
Lalu terjadi masalah website yang super lemot untuk dibuka dan berlangsung berhari-hari (atau mungkin berminggu). Saya utarakan bahwa kalau tak ada solusi permanen saya pindah hosting dan minta pengembalian dana karena sudah terlanjur bayar setahun dan baru satu bulan berjalan. Solusi: migrasi server. Problem resolved. Tak jadi lagi pindah.
Phishing
Account disuspend karena ada ada indikasi phishing di situs coba-coba saya (pintarbelanja.com). Dan situs utama saya ikut tersuspend juga. Lalu komunikasi yang menjengkelkan terjadi seperti biasa: butuh berjam-jam menunggu balasan untuk setiap pertanyaan. Yang paling menjengkelkan itu karena cara mereka menyampaikan hal tersebut.
"Google's Safe Browsing systems have detected that some pages on your site might be hacked or might include third party resources such as ads that are desighed to trick...."
Mereka fokus pada konten, bahkan dikalimat awal sudah memberi info mungkin di hack. Saya tidak merasa dituduh sebagai kriminal dengan informasi seperti itu.
Ticket keluhan terakhir
Sebetulnya dari kemarin saya ingin posting disini. Tapi kata master disini, hubungi dulu pihak terkait. Maka saya komplain dulu. Saya komplain untuk komunikasi yang buruk terkait masalah phishing dan juga masalah-masalah kinerja CS untuk tiket sebelumnya. Jawabannya hanya: mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Tidak spesifik menjawab kegalauan saya tentang komunikasi CS mereka yang buruk dan tuduhan saya terindikasi melakukan phishing.
Goodbye MWN
Saya putuskan untuk memindahkan domain utama saya ke xyz, menunggu MWN release domain tersebut dan segera menghapus hosting di MWN.
Bottom line:
Setiap bisnis harus tau apa harapan pelanggannya dan mengelolanya dengan baik. Pelanggan penyedia hosting itu berharap CS yang cepat, kompetensi CS dan kemauan CS untuk membantu masalah-masalah yang terjadi. Saya yakin banyak pelanggan awam penyedia hosting seperti saya: Cuma paham install dan pakai CMS, tak paham potensi masalah di dalamnya, juga berharap ada bantuan bila terjadi masalah yang tak mereka paham, tentu dalam tingkat tertentu.
Bila pelanggan tak tau ada penyedia hosting lain yang mampu memenuhi harapan tersebut, mungkin akan bertahan di MWN bertahun-tahun. Tetapi bila tau, tinggal tunggu waktu. Atau tinggal tunggu pencetus seperti 'terindikasi melakukan aktifitas tersebut...' walaupun harus mengambil resiko yang kata MWN situs menjadi lebih lambat dibuka.
Dan mudah-mudahan, seperti tertulis di read me 1st forum ini, setiap keluhan di forum ini bisa mendorong peningkatan mutu penyedia hosting di Indonesia.
Sebagai perkenalan dan latar belakang, saya profesional di bidang lain. Situs utama saya, ibrosys.com sudah di MWN sejak 2007, walaupun pernah gonta ganti domain dan saya beli lagi tahun lalu. Saya membuat website untuk eksistensi online, memberikan info dan supaya calon klien kenal saya lebih mudah. Kadang juga buat situs lain buat teman maupun untuk sekedar coba-coba. Untuk bidang web hosting, web programming dan sekitarnya, saya orang awam. Hanya bisa install joomla atau wordpress.
Menjadi pelanggan di mwn sejak 2007, ini ringkasan yang bisa saya buat:
2007 - 2017
Setia di MWN walaupun:
- komunikasi menjengkelkan karena harus menggunakan tiket. Balasan bisa berjam-jam untuk setiap tiket. Untuk satu masalah, sehari atau lebih dibutuhkan sampai akhirnya tau ada solusi/tidak ada solusi. Live chatting jangan diharapkan. kebanyakan tidak terbuka. Telpon, saya lupa pernah menghubungi lewat telpon atau tidak.
- kompetensi CS yang tidak memadai atau mungkin malas membantu. Kesimpulan asal-asalan. Contoh untuk keluhan situs lambat, jawaban: itu masalah koneksi Anda. Beberapa kali berbalas tiket, barulah mereka menemukan masalah IP terblock. Keluhan tak bisa install pluggin wordpress, jawaban: file anda crash. Setelah berbapas pantun yang berjam jam lamanya, barulah menemukan sebab: konfigurasi server.
2017
Mendapat layanan pembanding
Karena satu alasan, saya menyewa juga hosting luar negeri (sebut saja xyz) untuk website yang lain. Harga lebih mahal sekitar 50%, memang. Ternyata, pelayanannya luar biasa. Ada masalah tinggal live chatting. Tak pernah saya mengalami live chat tak bisa terbuka lebih dari 1 menit, dan mereka menanganani dengan sangat manusiawi. Dan yang diluar dugaan saya, mereka mau membantu bahkan sampai masalah di aplikasi. Misalnya: Saran untuk menggunakan pluggin dsb.
2018
Mau pindah, tapi tak jadi
Ingin memindahkan website saya yang di mwn ke xyz. Sialnya baca artikel di mwn: Ada resiko hosting luar negeri itu lebih lambat dibuka daripada hosting dalam negeri. Maka tak jadilah saya pindah.
Lalu terjadi masalah website yang super lemot untuk dibuka dan berlangsung berhari-hari (atau mungkin berminggu). Saya utarakan bahwa kalau tak ada solusi permanen saya pindah hosting dan minta pengembalian dana karena sudah terlanjur bayar setahun dan baru satu bulan berjalan. Solusi: migrasi server. Problem resolved. Tak jadi lagi pindah.
Phishing
Account disuspend karena ada ada indikasi phishing di situs coba-coba saya (pintarbelanja.com). Dan situs utama saya ikut tersuspend juga. Lalu komunikasi yang menjengkelkan terjadi seperti biasa: butuh berjam-jam menunggu balasan untuk setiap pertanyaan. Yang paling menjengkelkan itu karena cara mereka menyampaikan hal tersebut.
- Tak ada email (belakangan saya tau email dari abuse@xxx untuk peringatan mereka masuk ke folder spam)
- Seperti menuduh saya melakukan phishing. Saya tanya kenapa gak kasih tau lewat emai? atau telpon? jawabannya, saya fokuskan ke bagian yang paling membuat saya jengkel: "...Perihal aktifitas tersebut jika user terindikasi melakukannya, maka kami dapat lakukan suspend, silahkan anda cek Peraturan dan persetujuan dibawah ini ref : PP Pasal 4 ayat 4 dan Pasal 4 ayat 1"
"Google's Safe Browsing systems have detected that some pages on your site might be hacked or might include third party resources such as ads that are desighed to trick...."
Mereka fokus pada konten, bahkan dikalimat awal sudah memberi info mungkin di hack. Saya tidak merasa dituduh sebagai kriminal dengan informasi seperti itu.
Ticket keluhan terakhir
Sebetulnya dari kemarin saya ingin posting disini. Tapi kata master disini, hubungi dulu pihak terkait. Maka saya komplain dulu. Saya komplain untuk komunikasi yang buruk terkait masalah phishing dan juga masalah-masalah kinerja CS untuk tiket sebelumnya. Jawabannya hanya: mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Tidak spesifik menjawab kegalauan saya tentang komunikasi CS mereka yang buruk dan tuduhan saya terindikasi melakukan phishing.
Goodbye MWN
Saya putuskan untuk memindahkan domain utama saya ke xyz, menunggu MWN release domain tersebut dan segera menghapus hosting di MWN.
Bottom line:
Setiap bisnis harus tau apa harapan pelanggannya dan mengelolanya dengan baik. Pelanggan penyedia hosting itu berharap CS yang cepat, kompetensi CS dan kemauan CS untuk membantu masalah-masalah yang terjadi. Saya yakin banyak pelanggan awam penyedia hosting seperti saya: Cuma paham install dan pakai CMS, tak paham potensi masalah di dalamnya, juga berharap ada bantuan bila terjadi masalah yang tak mereka paham, tentu dalam tingkat tertentu.
Bila pelanggan tak tau ada penyedia hosting lain yang mampu memenuhi harapan tersebut, mungkin akan bertahan di MWN bertahun-tahun. Tetapi bila tau, tinggal tunggu waktu. Atau tinggal tunggu pencetus seperti 'terindikasi melakukan aktifitas tersebut...' walaupun harus mengambil resiko yang kata MWN situs menjadi lebih lambat dibuka.
Dan mudah-mudahan, seperti tertulis di read me 1st forum ini, setiap keluhan di forum ini bisa mendorong peningkatan mutu penyedia hosting di Indonesia.