Berakhirnya 10 Tahun bersama MWN


Status
Not open for further replies.

iimi

Beginner 2.0
Saya baca forum ini bertujuan untuk memberi info yang bermanfaat bagi peningkatan mutu penyedia hosting di Indonesia tercinta. Jadi mudah-mudahan posting saya ini bermanfaat untuk itu. Sebetulnya dari kemarin ingin tulis disini, tapi supaya fair, sy komplain dulu ke MWN yang ternyata jawabannya...ya sudahlah.

Sebagai perkenalan dan latar belakang, saya profesional di bidang lain. Situs utama saya, ibrosys.com sudah di MWN sejak 2007, walaupun pernah gonta ganti domain dan saya beli lagi tahun lalu. Saya membuat website untuk eksistensi online, memberikan info dan supaya calon klien kenal saya lebih mudah. Kadang juga buat situs lain buat teman maupun untuk sekedar coba-coba. Untuk bidang web hosting, web programming dan sekitarnya, saya orang awam. Hanya bisa install joomla atau wordpress.

Menjadi pelanggan di mwn sejak 2007, ini ringkasan yang bisa saya buat:

2007 - 2017

Setia di MWN walaupun:

  • komunikasi menjengkelkan karena harus menggunakan tiket. Balasan bisa berjam-jam untuk setiap tiket. Untuk satu masalah, sehari atau lebih dibutuhkan sampai akhirnya tau ada solusi/tidak ada solusi. Live chatting jangan diharapkan. kebanyakan tidak terbuka. Telpon, saya lupa pernah menghubungi lewat telpon atau tidak.
  • kompetensi CS yang tidak memadai atau mungkin malas membantu. Kesimpulan asal-asalan. Contoh untuk keluhan situs lambat, jawaban: itu masalah koneksi Anda. Beberapa kali berbalas tiket, barulah mereka menemukan masalah IP terblock. Keluhan tak bisa install pluggin wordpress, jawaban: file anda crash. Setelah berbapas pantun yang berjam jam lamanya, barulah menemukan sebab: konfigurasi server.
Kenapa saya bertahan? Karena saya pikir memang begitulah pelayanan yang bisa saya terima. Mereka hanya menyewakan space, tak perlu tau permasalah penyewa dalam mengelolanya. Tiket dijawab pun sudah untung.

2017

Mendapat layanan pembanding


Karena satu alasan, saya menyewa juga hosting luar negeri (sebut saja xyz) untuk website yang lain. Harga lebih mahal sekitar 50%, memang. Ternyata, pelayanannya luar biasa. Ada masalah tinggal live chatting. Tak pernah saya mengalami live chat tak bisa terbuka lebih dari 1 menit, dan mereka menanganani dengan sangat manusiawi. Dan yang diluar dugaan saya, mereka mau membantu bahkan sampai masalah di aplikasi. Misalnya: Saran untuk menggunakan pluggin dsb.

2018

Mau pindah, tapi tak jadi

Ingin memindahkan website saya yang di mwn ke xyz. Sialnya baca artikel di mwn: Ada resiko hosting luar negeri itu lebih lambat dibuka daripada hosting dalam negeri. Maka tak jadilah saya pindah.

Lalu terjadi masalah website yang super lemot untuk dibuka dan berlangsung berhari-hari (atau mungkin berminggu). Saya utarakan bahwa kalau tak ada solusi permanen saya pindah hosting dan minta pengembalian dana karena sudah terlanjur bayar setahun dan baru satu bulan berjalan. Solusi: migrasi server. Problem resolved. Tak jadi lagi pindah.

Phishing

Account disuspend karena ada ada indikasi phishing di situs coba-coba saya (pintarbelanja.com). Dan situs utama saya ikut tersuspend juga. Lalu komunikasi yang menjengkelkan terjadi seperti biasa: butuh berjam-jam menunggu balasan untuk setiap pertanyaan. Yang paling menjengkelkan itu karena cara mereka menyampaikan hal tersebut.
  • Tak ada email (belakangan saya tau email dari abuse@xxx untuk peringatan mereka masuk ke folder spam)
  • Seperti menuduh saya melakukan phishing. Saya tanya kenapa gak kasih tau lewat emai? atau telpon? jawabannya, saya fokuskan ke bagian yang paling membuat saya jengkel: "...Perihal aktifitas tersebut jika user terindikasi melakukannya, maka kami dapat lakukan suspend, silahkan anda cek Peraturan dan persetujuan dibawah ini ref : PP Pasal 4 ayat 4 dan Pasal 4 ayat 1"
Bikin emosi. Saya sampai mengatakan: menuduh saya phishing? Gila. Apa saya baper? iya. Siapa orang yang mau dibilang terindikasi melakukan 'aktifitas tersebut'? Coba lihat cara google menyampaikan informasi untuk situs yang sama:

"Google's Safe Browsing systems have detected that some pages on your site might be hacked or might include third party resources such as ads that are desighed to trick...."

Mereka fokus pada konten, bahkan dikalimat awal sudah memberi info mungkin di hack. Saya tidak merasa dituduh sebagai kriminal dengan informasi seperti itu.

Ticket keluhan terakhir

Sebetulnya dari kemarin saya ingin posting disini. Tapi kata master disini, hubungi dulu pihak terkait. Maka saya komplain dulu. Saya komplain untuk komunikasi yang buruk terkait masalah phishing dan juga masalah-masalah kinerja CS untuk tiket sebelumnya. Jawabannya hanya: mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Tidak spesifik menjawab kegalauan saya tentang komunikasi CS mereka yang buruk dan tuduhan saya terindikasi melakukan phishing.

Goodbye MWN

Saya putuskan untuk memindahkan domain utama saya ke xyz, menunggu MWN release domain tersebut dan segera menghapus hosting di MWN.

Bottom line:

Setiap bisnis harus tau apa harapan pelanggannya dan mengelolanya dengan baik. Pelanggan penyedia hosting itu berharap CS yang cepat, kompetensi CS dan kemauan CS untuk membantu masalah-masalah yang terjadi. Saya yakin banyak pelanggan awam penyedia hosting seperti saya: Cuma paham install dan pakai CMS, tak paham potensi masalah di dalamnya, juga berharap ada bantuan bila terjadi masalah yang tak mereka paham, tentu dalam tingkat tertentu.

Bila pelanggan tak tau ada penyedia hosting lain yang mampu memenuhi harapan tersebut, mungkin akan bertahan di MWN bertahun-tahun. Tetapi bila tau, tinggal tunggu waktu. Atau tinggal tunggu pencetus seperti 'terindikasi melakukan aktifitas tersebut...' walaupun harus mengambil resiko yang kata MWN situs menjadi lebih lambat dibuka.

Dan mudah-mudahan, seperti tertulis di read me 1st forum ini, setiap keluhan di forum ini bisa mendorong peningkatan mutu penyedia hosting di Indonesia.
 
Kebetulan web perusahaan teman saya juga pernah di MWN, secara teknisi memang diakui lambat dan kurang oke but its okay. Tapi Alhasil pindah karna waktu itu ada masalah keamanan web yang kurang dan menyebabkan kerugian. Gak bisa sebutin web kliennya apa tapi semoga kedepannya mwn bisa meningkatkan kualitasnya :)
 
Kebetulan web perusahaan teman saya juga pernah di MWN, secara teknisi memang diakui lambat dan kurang oke but its okay. Tapi Alhasil pindah karna waktu itu ada masalah keamanan web yang kurang dan menyebabkan kerugian. Gak bisa sebutin web kliennya apa tapi semoga kedepannya mwn bisa meningkatkan kualitasnya :)
perusahaan temannya pakai shared hosting juga kah?
 
phising pada hosting memang bisa saja dilakukan oleh pemilik website
tapi kemungkinannya luar biasa kecil banget
1 dari 1000, atau bahkan lebih
kerna fakta phising di lapangan yg terbanyak adalah akibat ulah hacker
hacker masuk via vulnerable script website dan kemudian numpang upload/membuat halaman phising

jadi tindakan langsung suspend kerna phising = terlalu abusive
harusnja cukup mute aja halaman phising terlapor dan segera komunikasikan ke pemilik website
sampaikan apakah website perlu di scan (dibantu scan) menyeluruh
atau bahkan diskusi apakah perlu dilakukan patch/update juga dari sisi script/cms yg dipakai
untuk mencegah website dibobol lagi oleh hacker kedepannya

-------
alasan lain "main suspend" bisa terjadi jika pihak hoster telat merespon notifikasi dari datacenter/ISP datacenter
umumnya diberikan waktu bebrapa jam (maksimal 24 jam) untuk menyelesaikan issue phising
jika lewat dari masa itu maka datacenter/ISP akan null route IP server terkait
maka pilihan hoster yaa.... suspend aja :D

jadi untuk menghindari "main suspend" kasus phising memang harus dari kesigapan pihak hoster :)
 
Last edited:
perusahaan temannya pakai shared hosting juga kah?
Iya pak pakai shared hosting kalau tidak salah dipaket bisnis belinya dan
Kejadiannya waktu itu nerima spam email masuk ke inbox dikira file dari teman kantornya dan pas dibuka ternyata cryptolocker otomatis katanya semua dokumen perusahaan terencrypt dan databasenya gak bisa dipake karna kena encrypt. Anehnya spam itu masuk darimana gak tau. Akhirnya nebus ke pembuat cryptonya sebesar $1000. Pas diforward masalahnya saya lupa ceritanya ke mwn tp intinya katanya itu diluar tanggung jawab mwn. Saya pribadi kurang setuju Karna gimana pun juga ini adalah masalah keamanan server juga karna berkasnya pun tidak dipack seharusnya terdeteksi. Ya udah kejadian dan dia mutusin begini
Dari 3 pilihan ini yaitu murah bagus dan nyaman. Anda bakal cuma dapat 2 pilihan aja. Begitu katanya XD
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top