Billing system memang bisa saja dibangun sendiri dan mungkin bisa develope-nya gak terlalu besar cost-nya, tapi ingat bahwa semua software meskipun dibangun sendiri juga tetap harus dimaintenance, dipatching dan diupgrade untuk menyesuaikan OS atau lingkungan pemrograman baru atau teknologi baru misalnya versi PHP-nya naik dll. Jadi ujung-ujungnya menurut saya kok tetap tidak efisien baik dari sisi cost maupun sumber daya yg kita pakai untuk ngurusin masalah billing ini (yg harusnya gak perlu kita urusin), lebih baik energi perusahaan dipakai untuk develope/inovasi produk yg baru yang bisa berkontribusi dalam peningkatan produktivitas perusahaan.
Demikian juga develope kontrol panel seperti cPanel atau DirectAdmin, itu kan bukan hal yang mudah, akan memakan resources kita yang sangat besar, sudah gitu hasilnya juga belum tentu memuaskan buat kita apalagi memuaskan bagi pelanggan. Bahkan bisa jadi akan terjadi penolakan dari calon pelanggan karena kita menggunakan software yang tidak "standard hosting industry" (dalam tanda kutip). Mereka bisa takut pakai layanan hosting kita karena takut kalau misalnya layanannya tidak bagus, mau migrasi ke hosting provider lain akan menjadi sangat menyulitkan. Seingat saya perusahaan hosting besar Indonesia seperti MWN yang dulu pernah pakai sPanel yang konon dikembangkan sendiri juga akhirnya beralih ke Plesk. CMIIW.
btw, di dunia ada berapa hosting provider besar yang menggunakan "control panel sendiri" ya ? Kayaknya gak banyak dech ...