Nonaktifkan pengiriman email dari server


websakola

Poster 2.0
Selamat sore semua

Saya menggunakan VPS 1 core 2 GB RAM 40 GB storage dengan panel WHM/cpanel
kendalanya 3-4 hari sekali itu VPS down tidak bisa di akses, konfirmasi ke provider limit di memory.
Solusinya di restart baru normal kembali, analisa saya yg newbie perkiraan dari pengiriman email dari server ke root@hostname

apa ada cara untuk disable fitur itu? atau ada yang harus di perbaiki di bagian mana ya ? saat ini coba nonaktifkan fitur email. masih di pantau 1 minggu kedepan ada kendala terulang seperti sebelumnya apa tidak. konsekwensinya tidak bisa gunakan fitur webmailnya.
 
harusnya ga ada masalah dengan email si, coba aja dilihat isi emailnya apa, mungkin ada detail error yg dikirimkan server ke email.
 
Kalau ini error messagenya, berarti tidak ada pengiriman email yang akan diterima oleh user root. Dengan begitu perkiraan bahwa penyebab servernya down karena pengiriman email dari server ke root@hostname bisa diabaikan. CMIIW.
kalau lihat dari grafik ini kenapa ya
 

Attachments

  • Screenshot_40.png
    Screenshot_40.png
    25.4 KB · Views: 26
nggak ada apa apa dari grafiknya, itu cuma grafik jumlah email yang frozen atau tidak terkirim
karena cek lewat munin masuk di problems critical, kalau memang masih wajar dan bukan maslaah. case yang sebelumnya kendala apa ya ?
 
kalau dilihat speknya terlalu minimalis untuk WHM/cpanel
mungkin bisa di lihat kebutuhannya apa?
jalankan website apa?
jika untuk website saja mungkin aplikasi/service lain bisa di disable/shutdown

misal email tidak dipakai bisa shutdown/disable service emailnya
atau cek log penyebab lain kenapa vps down
liat konsumsi vps saat running
kalau memang sudah optimasi dan masih dirasa kurang,, coba upgrade vps nya saja
 
kalau lihat dari grafik ini kenapa ya

Kalau dilihat dari grafiknya yang menanjak terus, itu indikasi bahwa frozen email di server terus bertambah dan bertambahnya cukup cepat. Coba diperiksa antrian emailnya, cek alamat email mana yang banyak mengirimkan email dan emailnya menjadi frozen karena (biasanya) dianggap spam atau sebab lain. Lalu cek juga log exim dan cocokkan datanya dengan alamat2 email yang ada di antrian tadi. Untuk penghapusan email di antrian, bisa baca2 di artikel berikut ini:


Semoga membantu.
 
Back
Top