Lebih Teliti Lagi Saat Membayar Tagihan dengan niagahoster.co.id


gnulab

Beginner 2.0
Alo members,

Layanan saya di non-aktifkan karena melewati tanggal jatuh tempo.
Ok, login, mau bayar.

Harga Layanan = 1,318,800
Diskon = 31%
Total = 922,800.

Iseng aah, keluarin kalkulator.

1,318,800 - 31% = 909,972

Hmmm....

Keluarin Excel

1,318,800 * (1-0.69) = 909,972

Wah, ga bener nih.

Chat aah dengan CS. Jawabannya:
Untuk hal tersebut saya cek sudah teraplikasikan secara otomatis dari sistem Kak. Untuk perhitungannya kami seperti apa sudah dari sistem

Jawaban CS yang mantab.
Ya sudah bayar aja deh. Habis ntar pagi dah mau di pakai. Bayar bukan berarti terima. Karena terpaksa saja.


====================================

Dah langanan dengan Niagahoster hampir 5 tahun. Setiap kali mau bayar ada aja kekecewaan dengan tagihan mereka.

  1. pada saat pertama kali perpanjang kaget harga perpanjang domain beda dengan awal join. Baca fine point, baru ketemu harga berlaku di tahun pertama.
  2. pada saat mau melakukan pembayaran dengan Kartu Kredit (ini kejadian tahun lalu), MDR yang di kenakan oleh Bank Mandiri = 2.0%, BCA 2.5%. (Saya tahu rate persis karena saya sendiri adalah merchant.) Niagahoster = 3.0%. Dan Bank Indonesia saat itu sudah umumin bahwa merchant tidak boleh kenakan MDR kepada konsumen (tidak ada screenshot)
  3. pada saat mau melakukan pembyaaran dengan sistem BCA Virtual Account, ada service cost = Rp 5,000. Padahal saya sendiri pakai layanan BCA Virtual Account dan hanya di kenakan biaya Rp 2,500 setiap penerimaan dana. Berarti 100% markup oleh Niagahoster (screenshot terlampir).
  4. juga coba bayar pakai QRIS, ada juga service cost yang melampaui MDR yang di tentukan oleh BI, yaitu 0.7% (tidak ada screenshot)
  5. saat menulis thread ini, iseng lihat tagihan sebelum2nya ternyata memang dari tahun2 sebelumnya hitungnya sudah ga bener. ada selisih.
  6. kali ini mau bayar, iseng cek apakah trik2 macem begitu masih ada. Syukur sudah tidak ada markup service cost, at least untuk BCA Virtual Account, Kredit Kard & QRIS. :41:
====================================

Don't be an evil company.


Selamat Malam.
 

Attachments

  • 2021-02-13_004915.png
    2021-02-13_004915.png
    77.3 KB · Views: 46
  • 2021-02-13_001219.png
    2021-02-13_001219.png
    9.7 KB · Views: 44
  • 2021-02-13_002505.png
    2021-02-13_002505.png
    37.9 KB · Views: 42
  • 2021-02-13_005341.png
    2021-02-13_005341.png
    23.9 KB · Views: 43
Akhir-akhir ini lumayan yang komplain mengenai "uang/pembayaran" di Niagahoster ya...

Jadi inget omongan teman yang jualan online, salah trik untuk dapat profit lebih dengan terlihat seperti diskon adalah kasih konsumen diskon yang gak umum seperti 18%, 29%, 33%, dll karena biasanya konsumen gak akan ngecek selisih harga setelah diskon, tahunya harga normal dicoret dengan harga diskon sudah langsung percaya aja. Itulah kenapa diskon umum seperti 10% lebih mudah dihitung oleh konsumen tanpa harus keluarin kalkulator.

Menunggu respon dari Niagahoster dulu ah...
 
selamat pagi,

untuk verifikasi mohon kirim bukti screenshot yang tanpa sensor melalui PM ya pak

Terima kasih,
 
Dan Bank Indonesia saat itu sudah umumin bahwa merchant tidak boleh kenakan MDR kepada konsumen (tidak ada screenshot)
ini bukannya hanya untuk transaksi lewat edc ya?
kami pernah konsultasi dengan salah satu gateway terkait mdr ini
dan jawaban mereka, aturan mdr tidak boleh dibebankan ke pelanggan hanya berlaku untuk transaksi dengan edc (gesek/tap)
untuk digital, dikembalikan ke merchant masing-masing

  1. pada saat mau melakukan pembyaaran dengan sistem BCA Virtual Account, ada service cost = Rp 5,000. Padahal saya sendiri pakai layanan BCA Virtual Account dan hanya di kenakan biaya Rp 2,500 setiap penerimaan dana. Berarti 100% markup oleh Niagahoster (screenshot terlampir).
ini beda2 gateway bisa beda fee
ada yg langsung tampilkan nominal seperti ini (bca 5rb, paling tinggi)
Screenshot_30.png
ada juga yg tidak langsung nominal akhir seperti ini
Screenshot_31.png
yg agak 'ngumpet' seperti ini biasanya diminta kirim semacam 'proposal bisnis'
nanti dari bank yg tentukan nominal 'bank fee'
gateway cuma tinggal tagih/potong doang dan sebagai 'perantara'

fyi, kami tidak terkait/afiliasi dengan niagahoster
hanya share pengalaman saja dalam menggunakan beberapa payment gateway lokal
cmiiw
 
ini bukannya hanya untuk transaksi lewat edc ya?
kami pernah konsultasi dengan salah satu gateway terkait mdr ini
dan jawaban mereka, aturan mdr tidak boleh dibebankan ke pelanggan hanya berlaku untuk transaksi dengan edc (gesek/tap)
untuk digital, dikembalikan ke merchant masing-masing


ini beda2 gateway bisa beda fee
ada yg langsung tampilkan nominal seperti ini (bca 5rb, paling tinggi)
View attachment 5696
ada juga yg tidak langsung nominal akhir seperti ini
View attachment 5697
yg agak 'ngumpet' seperti ini biasanya diminta kirim semacam 'proposal bisnis'
nanti dari bank yg tentukan nominal 'bank fee'
gateway cuma tinggal tagih/potong doang dan sebagai 'perantara'

fyi, kami tidak terkait/afiliasi dengan niagahoster
hanya share pengalaman saja dalam menggunakan beberapa payment gateway lokal
cmiiw

kayanya kalau BI sudah keluarin statement begitu, berarti berlaku disemua channel deh.
statementnya adalah tidak boleh bebankan MDR kepada konsumen.

EDC hanya salah satu channel.

Ini juga *kayanya* sih ya... coba aah, ntar klarifikasi ke BI twitter.


Secara pribadi sih, saya setuju kalau konsumen di bebankan MDR. Karena kalau tidak, berarti harga sudah di include MDR dan semua konsumen yang bayar tunai pun bayar dengan harga include MDR.

Dengan cara itu, yang penting MDR jangan di upcharge lagi, jangan di "cuan"/profit.

Another solution, MDR dibagi 2. Ini sih paling "ceng li"/fair. Karena konsumen dapat kemudahan which ada harganya, dan merchant pun juga dapat efficiency bagi dia yang harus ada biayanya.
 
Terimakasih atas feedbacknya mas @gnulab
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait kesalahan nominal persentase pada tagihan perpanjangan akun hosting Anda.

Setelah mimin coba investigasi untuk akun hosting tersebut mendapatkan lifetime promo, artinya harga dasar akan tetap selama tidak melakukan perubahan paket dan durasi langganan (SS harga lifetime promo terlampir)

Nominal diskon yang tertera di tagihan itu dibuat manual karena khusus hosting yang mendapatkan lifetime promo ,diskon yang didapatkan setiap renewalnya sebesar 30.xxx%, nah oleh tim kami dibulatkan menjadi 31% sehingga ketika dihitung menggunakan besaran diskon tersebut maka akan ada perbedaan pada nominalnya. Hal ini akan segera kami perbaiki, terimakasih feedbacknya.

Sedangkan untuk persentase diskon yang dihitung by sistem seperti diskon saat order baru itu nominalnya akan tepat, jika ada perbedaan mohon konfirmasi ke kami.

Untuk agent terkait yang melayani sebelumnya sudah mimin teruskan ke tim terkait agar kedepannya dapat melayani lebih baik lagi.

Terkait MDR, kita memang dibebankan biaya MDR dari bank acquiring CC, namun rate nya bukan 3% dan kita tidak membebankan biaya tersebut ke klien.

Dan biaya layanan yang disebutkan diatas itu kebijakan dari kami dan hanya dikenakan untuk tagihan dibawah 200ribu, karena kami menerapkan sisi dari bisnis dimana kalau transaksi di atas 200ribu tidak dikenakan biaya, karena kami yang tanggung fee tersebut.

Klien bisa melihat itu di invoicenya terkait biaya transaksi dan bisa mengganti ke metode lainnya kalau tidak setuju dengan biaya tersebut.

Note: Biaya transaksi CC dr DOKU bukan absolute Rp 2500 tapi persentase dari transaksi, namun hal ini tidak bisa mimin jelaskan secara detail disini

Semoga jawaban dari mimin bisa mencerahkan yaimage.png 2021-02-17 11-21-38.png
 
Back
Top