Email account di cPanel server tidak bisa di add ke BB


Status
Not open for further replies.

am3n

Apprentice 1.0
Dear All,

Saya mau tanya, apakah rekan-rekan pernah/sedang mengalami hal ini? Jika ya bagaimana solusinya.

ada temen yang mau setup email account di BB. tapi aneh nya setup email account di BB dengan error dengan pesan kurang lebih seperti ini "an invalid email address or password."

padahal dengan username dan password yang sama disetup di PC, berhasil dan tidak ada masalah serta berhasil digunakan untuk di sent/receive.

saya sudah coba reset password untuk memastikan password yang dimasukan benar.
saya sudah coba memasukan detil configuration (servername dan username)
dan format usernamenya saya coba dengan alternative [email protected] / user+test.com
tapi tetap saja gagal.

pada saat BB gagal create email account, error ini yang saya lihat di dovecot log,

Code:
Jul  6 19:43:31 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:32 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44
Jul  6 19:43:33 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:33 id4-cpanel dovecot: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<user>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:33 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS
Jul  6 19:43:33 id4-cpanel dovecot: imap-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts): user=<[email protected]>, method=PLAIN, rip=216.9.249.1, lip=11.22.33.44, TLS

yang menunjukan saya sptnya salah masukin password di BB,
tapi saya sudah pastikan berkali-kali password yang dimasukan benar (Show Password ticked)
jadi bingung saya.

server menggunakan versi
WHM 11.32.3 (build 21)
CLOUDLINUX 6.2 x86_64
dovecot-1.2.17-0cp.x86_64

saya bingung, biasanya tidak ada masalah email account yang di host oleh cpanel server untuk di setup di BB
apakah ada perubahan?

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
salam

Amin Yuliastanto
 
Last edited:
hehehehe..
ada dong pak. secara dia berlangganan full service,
dan sebelum coba add email account di cpanel server ini
dia jg sudah menggunakan email dari gmail.com/yahoo.com dan lancar-lancar saja.
hanya pada saat setup email account di cpanel server aja yang error spt diatas

btw makasih atas responsenya Pak Mujiono
 
Terima kasih kembali...
Padahal seting email (email cpanel) di BB paling gampang. Isi account email dan password langsung jadi. :)
 
Apakah TS sudah pernah melakukan add akun email tersebut di BB sebelumnya?
Pengalaman saya, pernah dulu punya masalah di email, yg mana minta verify password terus, karena password dianggap tidak cocok, lalu saya hapus akun email di BB, terus coba add akun email yg sama sampai sekarang tidak pernah bisa. Namun anehnya add akun email lain yang satu server itu sukses. Jadi bisa dibilang bukan error karena server.
Ke CS minta benerin sampe sekarang masih gak bener juga. Jadi takut kalo ngeremove akun webmail di BB.

Coba saran-saran teman2 diatas diikuti seperti disable firewall server, atau whitelist IP blackberry, itu solusi ampuh mengatasi problem email blackberry.
 
terima kasih semuanya atas bantuannya.
akhirnya problemnya solve juga setelah saya minta bantuan ke pihak support cpanel dan tentunya saran dari komunitas ini.

sebelumnya saya sudah tahu ttg daftar network BB server yang perlu di ignore, agar tidak terblacklist oleh CSF
dan itu pun sudah saya tambahkan

sehingga pada saat saya lihat error di dovecot karena salah password, saya tidak memikirkan perlunya add network BB server ke whitelist. toh buktinya sudah bisa konek, tapi otentikasi nya saja yang salah - pikir saya

tapi setelah di add ke CSF whitelist dan restart CSF. problem itu solve.
sekali lagi terima kasih

admin/moderator silahkan di close thread ini
semoga thread ini berguna bagi yang lainnya.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top