aku mulai coba usaha hosting dan beberapa kali calon client tanya kantor, enaknya jawab apa ya?
sekarang ini baru merintis dan tidak punya kantor, cuma dijalanin dari rumah. share pengalaman kalian bos2 semua. aku lihat juga disini banyak yga perorangan
kasus ini hampir mirip seperti jualan dropship, klien minta ketemuan atau datang ke toko untuk lihat barang, tapi karena memang ga ada ya jawab jujur aja kami hanya jualan via online saja.
kalau dunia hosting sih saya rasa jarang klien yang nanyain kantor, karena servernya memang ga di kantor
, beda dengan colocation yang memang klien sebaiknya datang ke kantor atau data center langsung. Web hosting semua support dilakukan secara online, jadi sebenarnya ga ada alasan kuat klien untuk datang ke kantor.
saya bukan hoster, tapi IMHO, mungkin ini bisa jadi solusi:
1. Katakan pada klien bahwa semua support layanan hosting dilakukan secara online, kantor hanya ditujukan untuk administrasi surat menyurat saja (alamat rumah tuan) jadi tidak perlu datang.
2. Jika ada uang lebih, sewa virtual office. Apa itu Virtual Office? karena jawabannya relatif panjang maka bisa dibaca di sini
http://www.jurnalweb.com/pengertian-virtual-office-dan-keuntungannya/. Tapi intinya dengan virtual office itu, kita tidak harus punya kantor dalam bentuk bangunan fisik, namun hanya perlu menyewa sebuah alamat penyedia virtual office yang nantinya akan bisa membantu untuk berbagai keperluan seperti menerima email, fax, telepon dan dokumen yang dikirim lainnya dan alamat itulah yang nanti kita berikan kepada klien.
Selamat menjalani bisnis tuan dan semoga sukses