Bounce Mail Karena IP Operator Kena Blacklist


Status
Not open for further replies.

cloud3peace

Poster 2.0
Hi semuanya,

Saya memiliki klien yang hosting di server saya mendapat Bounce Mail ketika kirim email.
Setelah selediki ternyata IP yang digunakannya kena blokir, klien tersebut melakukan pengiriman email via HP (SMTP).

Kira-kira bagaimana solusinya untuk issue ini?
Tidak mungkin kita selalu bantu delisting IP Operator, ntar ada pengguna lain yang nakal dan ujung2nya kena blokir.
Server IP saya masih bersih.

Thanks
 
Ketika Kirim? Artinya yang kena blacklist ip server anda atau sebaliknya pak? kalau di kita, ada klien tidak bisa terima email dari customernya dan ternyata setelah kita cek ip server pengirim email kena blacklist RBL ya ujung2nya kita harus satu-per-satu masukin ke daftar whitelist.

Yang menjengkelkan, ketika kirim email dapat bouncing disebabkan email server si penerima sedang error. "Kemarin masih bisa kirim, kenapa sekarang tidak bisa?"
tapi ya begitulah masalah email mau tidak mau harus membantu.
 
Ketika Kirim? Artinya yang kena blacklist ip server anda atau sebaliknya pak? kalau di kita, ada klien tidak bisa terima email dari customernya dan ternyata setelah kita cek ip server pengirim email kena blacklist RBL ya ujung2nya kita harus satu-per-satu masukin ke daftar whitelist.

Yang menjengkelkan, ketika kirim email dapat bouncing disebabkan email server si penerima sedang error. "Kemarin masih bisa kirim, kenapa sekarang tidak bisa?"
tapi ya begitulah masalah email mau tidak mau harus membantu.

Iya tuh masalah email kadang2 ada yang lucu (seperti salah masukkin alamat penerima) atau kadang2 ribet (kena blacklist)

Yang kena blacklist tuh IP pengirim.
Jika kita menggunakan SMTP seperti Outlook, Thunderbird, ataupun aplikasi email di Mobile maka IP yang digunakan pada PC ataupun Mobile juga akan ikut tercatat di bagian From nya (mungkin mas bisa coba baca headernya), kecuali kalau kita kirim email langsung menggunakan Roundcube n dll.

Kebetulan IP server saya masih bersih :)
 
oh jadi maksudnya ip pengirim (operator) yang masuk blacklist sehingga ditolak sama smtp servernya pada saat mau kirim email. kalau saran saya ada baiknya ip tersebut di unblock / delisting mengingat banyaknya pengguna mobile dalam berkomunikasi dengan email, namun ada beberapa rules yang ditambahkan pada servernya misal :
- limit cc / bcc dalam sekali pengiriman
- user authentikasi
- antispam untuk outgoing mail
- dll
sehingga user tetap merasa nyaman dan server tetap aman :)

salam
 
oh jadi maksudnya ip pengirim (operator) yang masuk blacklist sehingga ditolak sama smtp servernya pada saat mau kirim email. kalau saran saya ada baiknya ip tersebut di unblock / delisting mengingat banyaknya pengguna mobile dalam berkomunikasi dengan email, namun ada beberapa rules yang ditambahkan pada servernya misal :
- limit cc / bcc dalam sekali pengiriman
- user authentikasi
- antispam untuk outgoing mail
- dll
sehingga user tetap merasa nyaman dan server tetap aman :)

salam

Ehmmm
Sebenarnya begini ceritanya, anggap saja saya memiliki hosting dimana saya memiliki email account di situ (menggunakan webmail). Agar mudah melakukan komunikasi maka saya juga pasang email tersbut di HP saya dengan menggunakan SMTP.

Anggap saja saya menggunakan operator XL dan seperti yang kita ketahui untuk bisa konek ke internet, kita memerlukan IP dan kalau di HP, IP tersebut akan dikasih oleh operator (XL). IP tersebut tentunya shared dan sering gonta ganti kek speedy.

Sekarang kan banyak tuh orang2 menggunakan internet dengan menggunakan HP ataupun dijadikan modem sehingga ada besar kemungkinan IP tersebut diblacklist oleh Spamhaus dikarenakan ada yang melakukan spamming ataupun ulah virus.

Kebetulan saya mendapatkan IP yang gak bersih tersebut sehingga jika saya kirim email lewat HP maka akan kena bounce yang mengatakan IP saya (IP yang dikasih oleh operator XL untuk konek Internet) kena blacklist oleh Spamhaus. Dimana server si penerima email yang saya kirim tersebut mengaktifkan fitur proteksi email dengan melakukan filter via Spamhaus. Dan IP yang digunakan oleh hosting saya masih bersih.

Jika kita membaca source code email maka dibagian From akan tercantum IP yang lokal yang digunakan oleh kita untuk kirim email baik kita menggunakan PC ataupun HP/tablet

Nah, gak mungkin kita delisting satu per satu IP operator telekomunikasi donk karena banyak banegt jadi kira2 ada solusi gak buat handle masalah beginian karena ada klien saya yang mengalaminya.

Thanks
 
Ehmmm
Sebenarnya begini ceritanya, anggap saja saya memiliki hosting dimana saya memiliki email account di situ (menggunakan webmail). Agar mudah melakukan komunikasi maka saya juga pasang email tersbut di HP saya dengan menggunakan SMTP.

.......

Nah, gak mungkin kita delisting satu per satu IP operator telekomunikasi donk karena banyak banegt jadi kira2 ada solusi gak buat handle masalah beginian karena ada klien saya yang mengalaminya.

Thanks


jangan di delisting satu satu mas,.. capek hehehehe pakai subnet supaya lebih mudah...

sebagai contoh apabila range ip operator :

1.1.1.0/24 s/d 1.1.2.0/24 cukup masukan 1.1.1.0/23 (dua blok /24)
1.1.1.0/24 s/d 1.1.3.0/24 cukup masukan 1.1.1.0/23 dan 1.1.3.0/24 (dua blok /24 + 1 blok /24)
1.1.1.0/24 s/d 1.1.8.0/24 cukup masukan 1.1.1.0/21 ( 8 blok /24)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top